Rancang Bangun Aplikasi Pesan Antar Makanan Secara Online Dengan Pembayaran Secara Top Up Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus : Batavia Restaurant)

Authors

  • Fery Moch.Anwar Rais Computer Magister Postgraduate of Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v7i2.12949

Keywords:

Information System

Abstract

Restoran merupakan usaha komersial yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional. Model layanan pesan antar makanan secara konvensional masih menggunakan pemesanan lewat telepon atau whatsapp. Ditengah masa pandemi covid-19, pemerintah membatasi pembeli secara offline, sebagian besar pelanggan dianjurkan untuk delivery order secara online. Hal ini mengakibatkan penurunan pendapatan secara significant. Untuk meningkatkan pendapatan di Batavia Restaurant maka perlu di rancang aplikasi food delivery order berbasis android. Perancangan aplikasi menggunakan  metode RAD (Rapid Application Development). Dengan menggunakan software Android Studio dan PHP framework Laravel untuk membuat aplikasi yang komplek. Hasil penelitian ini berupa aplikasi pesan antar makanan yang dapat memanggil Google Maps untuk memandu kurir hingga pesanan makanan di terima pembeli. Dan sistem resto pay  untuk memudahkan pembayaran dengan cara Top Up saldo konsumen. Di lengkapi informasi urutan antrian sekiranya ramai sekali pembeli dapat membatalkan pesanan. Dalam penerapan aplikasi dilakukan black box testing dan white box testing hasilnya sesuai dengan harapan. Kesimpulannya bahwa penelitian ini dapat menghasilkan aplikasi yang memenuhi kebutuhan konsumen Batavia Restaurant.

Kata kunci : Restoran, pesan antar,android, Batavia Restaurant, RAD,  TopUp, Urutan Antrian, Black box testing, white box testing.

Author Biography

Fery Moch.Anwar Rais, Computer Magister Postgraduate of Pamulang University

I am currently working at PT. Suluh Dwipantara as IT responsible for the system used in the company and the local network as well as the internet.

Downloads

Published

2022-08-17