Perbandingan Metode Weighted Product (WP) dan Simple Additive Weighting (SAW) Penilaian Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1438Keywords:
Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Simple Additive Weighting, penilaian kinerja guruAbstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan lembaga pendidikan adalah dengan cara meningkatkan kualitas kinerja guru dalam proses mengajar. Maka dari itu dibutuhkan penilaian kinerja guru di sekolah agar meningkatkan kualitas lulusan suatu sekolah. Maslah –masalah dalam penilaian kinerja guru sering bermunculan antara lain Tak jarang guru hanya menampakkan kinerja baiknya hanya pada saat dikunjungi, kepala sekolah menilai kinerja guru secara subjektif, kepala sekolah mengevaluasi kinerja guru hanya dari satu kriteria saja, sehingga penilaian tidak objektif. Sehingga perlu adanya sistem pendukung keputusan untuk membantu menilai kinerja guru. Proses pembuatan sistem pendukung keputusan pada sistem penilaian kinerja guru ini menggunakan metode Weighted Product dan Simple Additive Weighting. Metode Weighted Product dan Simple Additive Weighting Dipilih Karena Mampu menyeleksi alternatif terbaik dan terburuk dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah kinerja guru sebagai bahan evaluasi kepala sekolah, untuk meningkatkan kualitas lulusan sekolah, berdasarkan kriteria-kriteria yang telah di tentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut dengan cara memberikan siswa kuisoner, kemudian dilakukan proses perengkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu guru dengan kinerja terbaik dan guru dengan kinerja kurang baik. Berdasarkan pengujian yang dilakukan sistem yang dibuat mampu memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, agar dalam penilaian kinerja guru lebih objektif, dan juga sistem dapat mengurangi kesalahan dalam menilai kinerja guru.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Informatika Universitas Pamulang have CC-BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Informatika Universitas Pamulang recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Informatika Universitas Pamulang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)
YOU ARE FREE TO:
- Share : copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt : remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms