Penggunaan Long-Range RFID Reader untuk Mempermudah Asset Management System Sekolah

Authors

  • Maulana Ardiansyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v2i3.1444

Keywords:

Aset manajemen, RFID, prototype, Sekolah

Abstract

Banyak instansi khususnya sekolah masih menganggap manajemen aset secara fisik hanyalah sekedar instrumen pengelolaan daftar aset. Realita di lapangan menunjukan banyak kasus yang sebenarnya dimulai dari salah kelola dan salah urus masalah aset; sehingga berdampak kerugian yang tidak sedikit. Manajemen aset adalah serangkaian kegiatan yang terdiri dari indentifikasi aset apa yang dibutuhkan; memperoleh  aset; menyediakan logistic dan sistem pendukung pemeliharaan dari asset dan penghapusan atau pembaharuan asset sehingga lebih efektif dan efisien. Untuk mempercepat dan memudahkan  bagi pengguna di sekolah dalam memanajemen aset sekolah diperlukan fitur tambahan yaitu RFID (Radio-Frequency Identification) adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan. Prototipe adalah pengembangan yang cepat dan pengujian terhadap model kerja prototipe dari aplikasi baru melalui proses interaksi dan berulang-ulang yang biasa digunakan ahli sistem informasi dan ahli bisnis. Prototipe disebut juga desain aplikasi cepat (rapid application design atau RAD) karena menyederhanakan dan mempercepat desain sistem. Dengan adanya sistem manajemen aset yang baru; modern; sistematis; valid dan real time dapat memudah pekerjaan mengelola aset sekolah dengan baik dan benar; dan dapat meminimalisir kerugian yang terjadi akibat kesalahan dalam pengelolaan Aset di sekolah.

Downloads

Published

2017-09-25