Penerapan Fuzzy Inference System untuk Menentukan Jumlah Pembelian Produk Berdasarkan Data Persediaan dan Penjualan

Authors

  • Kecitaan Harefa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1487

Keywords:

Fuzzy Inference System, pembelian produk, persediaan, penjualan

Abstract

Keuntungan yang maksimal diperoleh dari penjualan yang maksimal. Apabila jumlah produk yang disediakan oleh perusahaan kurang dari jumlah permintaan maka perusahaan akan kehilangan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan sebaliknya. Oleh karena itu; Perencanaan jumlah pembelian produk untuk persediaan pada PT. Carrefour Puri Indah sangatlah penting. Agar dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat dan dengan jumlah yang sesuai. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah pembelian; antara lain: jumlah persediaan dan jumlah penjualan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode Fuzzy Inference System dengan menggunakan tiga variabel yaitu jumlah persediaan; jumlah penjualan; dan jumlah pembelian. Hasil dari penerapan metode Fuzzy Inference System terbukti dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan untuk menentukan jumlah pembelian produk agar persediaan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Downloads

Published

2017-12-25