Komparasi Metode Simple Additive Weightin (SAW) dan Metode Weighted Product (WP) dalam Menentukan Karyawan Terbaik (Studi Kasus: PT. Matrixnet Global Indonesia)

Authors

  • Nardiono Nardiono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1502

Keywords:

Pemilihan Karyawan Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Weighted Product (WP), Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Abstract

Karyawan adalah tenaga kerja yang melakukan pekerjaan dan memberikan hasil kerjanya kepada pengusaha. Pemilihan karyawan terbaik merupakan kegiatan dalam perusahaan guna untuk memberi motivasi dan penghargaan agar karyawan bekerja lebih baik dan produktif.  Salah satu sistem yang dapat digunakan dalam menentukan karyawan terbaik adalah dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan adalah sistem yang digunakan untuk mendukung dan membantu pihak manajemen dalam melakukan pengambilan keputusan pada kondisi semi terstruktur dan tidak terstruktur. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dan metode WP (Weighted Product). Kedua metode ini bertujuan memilih alternative karyawan terbaik dari beberapa alternatife karyawan berdasarkan kriteria-kriteria (kedisiplinan; sikap; kerjasama tim; prestasi; ketelatenan; penampilan ) yang telah ditentukan. Proses perhitungan dilakukan dengan mencari nilai bobot pada setiap alternative pada setiap kriteria. Karyawan yang terpilih yaitu yang memiliki nilai terbesar sebagai alternative terbaik. Dari hasil perhitungan metode SAW (Simple Additive Weighting) dan WP (Weighted Product); di dapatkan hasil perbandingan kedua metode. Metode SAW yang mendapatkan hasil lebih baik dibandingkan dengan metode WP; karena mendapat hasil yang lebih besar; tepat dan akurat.

Downloads

Published

2017-03-25