Fitur Notifikasi untuk Sistem Monitoring Mesin Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus di Etisalat Corporation; Abu Dhabi)

Authors

  • Bambang Santoso Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v2i2.1509

Keywords:

Pelayanan Pelanggan, Mesin Pelayanan Pelanggan, Sistem Monitoring, supervisor, fitur notifikasi, SMS

Abstract

Mesin Pelayanan Pelanggan merupakan wakil keberadaan sebuah perusahaan pada daerah-dearah di mana kantor cabang tidak didirikan. Etisalat menginstall sekitar 120 mesin. Mesin ini melayani kebutuhan pelanggan seperti melihat tagihan; menambah saldo; dan lain-lain. Mesin-mesin ini dimonitor oleh suatu Sistem Monitoring yang melihat status masing-masing mesin setiap saat. Para teknisi kemudian dapat melihat status mesin di aplikasi client dari Sistem Monitoring tersebut. Hanya saja; sistem ini harus senantiasa dimonitor agar kesalahan mesin dapat diketahui setiap saat. Diinginkan adanya fitur notifikasi kepada teknisi agar mereka tidak perlu melihat Sistem Monitoring setiap waktu. Fitur notifikasi ini akan mengirimkan notifikasi ke teknisi berupa SMS yang berisi pemberitahuan bahwa ada mesin yang rusak. Dengan demikian; teknisi dapat berada di mana pun dan mereka akan segera tahu akan kerusakan mesin. Mereka dapat langsung datang ke lokasi mesin berada dan melakukan tindakan yang diperlukan. Tiap teknisi punya wilayah masing-masing maka fitur notifikasi harus memperhatikan wilayah mesin berada dan mengirimkan ke teknisi yang bertanggung jawab. Di samping itu; teknisi juga ada yang bekerja di jam kerja dan ada yang di jam lembur. Jika mesin masih rusak dalam waktu 2 jam; maka SMS juga akan dikirim ke supervisor dari teknisi. Jika mesin tetap rusak dalam periode 4 jam; SMS akan dikirim ke master supervisor. Log dari notifikasi ditulis ke basis data agar dapat diketahui teks yang dikirim; kepada siapa serta pada tanggal dan jam berapa.

Downloads

Published

2017-06-25