Perancangan dan Pembuatan Sistem Pendaftaran serta Seleksi Penerimaan Siswa Baru menggunakan Metode Weight Product Berbasis Web

Authors

  • Petricia Oktavia Pamulang university
  • Muhamad Meky Frindo Pamulang University
  • Muhammad Ilham Fhadila Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v7i3.20417

Keywords:

Pendaftaran dan Penyeleksian, Weighted Product, PHP, MySQL

Abstract

Perkembangan teknologi informasikhususnya internet tentu disambut baik olehsemua kalangan, salah satunya bahkan telahmemasuki ke dalam dunia pendidikan sejak beberapatahun terakhir. Sehingga hal ini menciptakanpersaingan yang kompetitif diantara setiaplembaga pendidikan, tidak terkecuali lembagapendidikan swasta. SMP Tazkia Insani adalah salah satu lembaga pendidikan yang berada di Pesantren Daarut Tazkia. Dengan proses pendaftaran bagi siswa baru yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan form tertulis. Hal ini dapat menyebabkan semakin banyaknya limbah kertas yang menumpuk. Selain itu pendaftar yang berada diluar kota yang ingin mendaftarkan dirinya ke SMP Tazkia Insani harus datang ke sekolah untuk mengambil formulir pendaftaran akan memakan waktu yang cukup lama. Hasil dari perancangan dan pembuatan sistem pendaftaran dan seleksi penerimaan siswa baru menggunakan metode weight product (WP) berbasis web yang terkomputerisasi. Sehingga dapat mempermudah kerja staff dalam melakukan penerimaan pendaftaran siswa baru dan mempercepat dalam proses pendaftaran bagi pendaftar yang dari dalam kota maupun luar kota. Hasil penelitian ini yaitu dihasilkannya sistem peendaftaran yang terkomputerisasi, serta 73,63% (persen) mampu mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran.

References

A. S., & R. S. (2017). Aplikasi Grosir pada Toko Rsidik Bungusari Tasikmalaya. JUMIKA, 31-40.

Arbian, D. (2017). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemberian Beasiswa Berbasis TOPSIS (Studi Kasus Yayasan Pendidikan Al-Hikmah Bululawang Malang). Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA (JITIKA), 29-44.

Badriah. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Farida, I. N., & Mustikasari, E. (2016). IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI UPTD SMA NEGERI 1 GONDANG. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 91-96.

Farokhah, L., & Kala, A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Forum Mahasiswa dengan Metode Weighted Product. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 179-190.

Farokhah, L., & Kala'lembang, A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Forum Mahasiswa Dengan Metode Weighted Product. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 179-190.

Fauzan, R., Fitri, R., & Fadliansyah, M. (2017). SISTEM INFORMASI PENJURUSAN DAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT. Jurnal ELTIKOM, 11-22.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Jaya, P. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Karyawan Menggunakan Metode Weight Product (WP). Pelita Informatika Budi Darma.

Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan Perancangan Sistem.

Bandung: Abdi Sistematika.

Nency Nurjannah, Z. A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor dengan Metode Weighted Product. Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 10 No. 2, 20-24.

Oktavia, P. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Dengan Metode Weighted Product Pada SMP Negeri 1 Parung Berbasis Web. JURNAL INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG, 80-86.

Pradiatiningtyas, D., & Suparwanto. (2017). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Smk N 4 Purworejo. Indonesian Journal on Networking and Security, 1-8.

Ramadhani, W. W. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DI PT. SMARTLINK GLOBAL MEDIA DENGAN METODE WEIGHT PRODUCT. Jurnal Komunikasi dan Informasi, 3-15.

Romney, M. B., & Steinbart. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba.

Saputra, F. (2013). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Global English Language Center. STMIK MDP.

Sarwindah. (2018). Sistem Pendaftaran Siswa Baru Pada SMP N 1 Kelapa Berbasis Web. Jurnal SISFOKOM, 110-115.

Satria, E., Atina, N., Simbolon, M. E., & Windarto, A. P. (2018). SPK: ALGORITMA MULTI-ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) PADA DESTINASI TUJUAN WISATA LOKAL DI KOTA SIDAMANIK. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), 168-172.

Shalahuddin, R. A. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur Dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Shalahuddin, R. A. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sherlyta, O. (2013). Pembangunan Sistem Penerimaan Siswa Baru Secara Online pada TK & SD Model Sleman. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutabri, T., & Napitupulu, D. (2019). Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: Salemba.

Witanto, R., & Solihin, H. H. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB. Jurnal Infotronik, 54-63.

Yudhanto, Y., & Prasetyo, H. A. (2019). Mudah Menguasai Framework Laravel. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-11-30