Pengembangan Aplikasi Penjualan Rumah Berbasis Dekstop dengan Metode Waterfall

Authors

  • Niki Ratama Universitas Pamulang
  • Bintang Fahrezi Universitas Pamulang
  • Faroeq Althof Nuru Universitas Pamulang
  • Mardianto Triaji Universitas Pamulang
  • Aries Saifudin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v7i3.20706

Abstract

Perkembangan dunia teknologi dan informasi semakin hari semakin cepat. Perkembangan tersebut jelas mempengaruhi kecepatan dan ketepatan penyampaian informasi. Sayangnya, masih banyak kegiatan bisnis terutama proses jual beli yang belum sejalan dengan kemajuan teknologi saat ini. Atas dasar itulah penulis mencoba membuat aplikasi mengenai sistem penjualan Rumah yang saat ini masih banyak dilakukan dengan tidak terkomputerisasi. Tujuan dari penulis merancang aplikasi penjualan rumah berbasis online adalah untuk mempermudah penjual untuk bertransaksi dengan pembeli tanpa harus menggunakan calo. Perancangan sistem informasi merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan sebuah permasalahan yang ada. Sistem aplikasi berbasis dekstop penjualan rumah berbasis metode waterfall, mulai dari pencatatan pelanggan, penyimpanan data-data yang berhubungan dengan proses penjualan, sehingga saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pengembangan sistem yaitu Software Development Life Cycle (SDLC) dengan metode Waterfall dalam perancangan sistem informasi, dimulai dari menganalisa kebutuhan software seperti desain, implementasi, dan Testing..Metode waterfall adalah salah satu model SDLC yang sering digunakan dalam pengembangan informasi atau perangkat lunak. Kelebihan menggunakan metode Waterfall yaitu system yang dihasilkan akan baik karena pelaksanaan nya dilakukan secara berathap, sedangkan kekurangan metode waterfall yaitu proses pengembangannya akan memakan banyak waktu yang cukup lama dan memakan biaya yang diperlukan akan sangat mahal.

References

Ginting, Elin Sylvania, and Irawan Hadi. 2020. “Pengujian Konfigurasi Otomatis Penambahan Gateway Pada Virtual Router Menggunakan Aplikasi Otomatisasi Jaringan Berbasis Web.†4: 1126–31.

Irawati, D R, A Hakim, and K Rokoyah. 2022. “Sistem Aplikasi Pengenalan Sejarah Dan Kebudayaan Cirebon Berbasis Web.†Journal of Artificial … 3(2): 152–56. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/article/view/20275%0Ahttp://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/article/viewFile/20275/10374.

Meyke, Bertha, Waty Hutajulu, and Teknik Informatika. 2021. “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LIMBAH PADA DINAS.†2(3): 167–71.

Munawaroh, and Niki Ratama. 2019. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android.†Satin 5(2): 17–24.

Novi Lestari, Nelly Khairani Daulay, Armanto. 2019. “Sistem Pendukung Keputusan Konsumsi Listrik Dengan Implementasi Iot Dan Fuzzy Rule Mining.†Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik 2(1): 60.

Nuari, Rivian, and Niki Ratama. 2020. “Implementasi Algoritma Kriptografi AES (Advanced Encryption Standard) 128 Bit Untuk Pengamanan Dokumen Shipping.†Journal Of Artificial Intelligence And Innovative Applications 1(2): 2716–1501. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA.

Ratama, Niki, and Munawaroh. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang Dalam Meningkatkan Smart City Berbasis Android.†SATIN – Sains dan Teknologi Informasi 5(2): 59–67.

Sagita, Rinandi Awan, and Hari Sugiarto. 2016. “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web.†On Networking and Security 5(4): 13. https://www.cliffedekkerhofmeyr.com/export/sites/cdh/en/practice-areas/downloads/Employment-Strike-Guideline.pdf.

Siregar Pahu, Guna Yanti Kumala Sari, Laili Rizkia Putri, Nungsiyati Nungsiyati, and Riki Renaldo. 2018. “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Calon Penerima Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting.†Jurnal Teknoinfo 12(2): 82.

Siswidiyanto, Ahmad munif, Diah Wijayanti, Eko Haryadi. 2020. “Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype.†Jurnal Interkom 15(1): 18–25.

Sudarmana, Landung et al. 2018. “Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Gangguan Jiwa Schizophrenia.†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya 2(2): 40–44. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/download/650/639.

Downloads

Published

2022-11-30