Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Guna Memudahkan Manajemen Perpustakaan

Authors

  • Munawaroh Munawaroh Universitas Pamulang
  • Muhammad Aditiya Universitas Pamulang
  • Farhan Oktafiansyah Universitas Pamulang
  • Ismail Abdul Jalal Universitas Pamulang
  • Aries Saifudin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v7i3.21195

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian dari submer ilmu pengetahuan, Perpustakaan memiliki banyak pilihan buku. Perkembangan teknologi sangatlah pesat, begitupun dengan perkembangan dalam perpustakaan saat ini. Perpustakaan memiliki berbagai macam buku yang dapat dibaca untuk menambah pengetahuan, antara lain buku pembelajaran, cerita, dan majalah. Semua buku ini dapat dibaca di perpustakaan atau dipinjamkan untuk jangka waktu tertentu dan dengan syarat tertentu. Sistem informasi perpustakaan umum masih menggunakan cara manual. Pelaporan sulit karena belum ada aplikasi yang dapat mengolah data keanggotaan, data buku, peminjaman dan pengembalian buku, serta menghasilkan laporan secara komputerisasi. Tujuan dari sistem informasi manajemen perpustakaan berbasis web ini adalah untuk membantu staf perpustakaan secara efisien dalam mengolah data keanggotaan, meminjam dan mengembalikan buku, serta menghasilkan laporan. Sistem informasi perpustakaan dibangun dengan menggunakan pendekatan waterfall, yang meliputi perancangan sistem, implementasi, integrasi, dan proses pengujian. Pemeliharaan rutin diperlukan untuk menjaga agar sistem berjalan dengan lancar. Manfaat menggunakan pendekatan air terjun untuk mengembangkan sistem ditingkatkan dengan menerapkannya secara bertahap diseluruh proyek, daripada mencoba fokus pada fase tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil survei menunjukkan bahwa sistem informasi perpustakaan yang terkomputerisasi dapat membantu pustakawan dalam berbagai aspek pendaftaran keanggotaan, peminjaman dan pengembalian buku, serta pembuatan laporan. Sistem menghitung denda secara otomatis, membuat proses penghitungan denda pada transaksi retur lebih cepat dan akurat.

References

Alfianto, K., Wibowo, A. K., & Rosalina, R. (2019). Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjadwalan Lapangan Futsal Berbasis Web Pada Jb Futsal Cikarang. Jurnal Sibernetika, 4(2), 9-24.

Arif, S. N., Wanda, A. P., & Masudi, A. (2013). Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web Smk Swasta Brigjend Katamso Medan. Jurnal SAINTIKOM Vol, 12(1), 25-36.

Astamal, R. (2005). Dasar membuat website dengan menggunakan HTML. Mastering Kode HTML.

Bafadal, I. (2009). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bumi Aksara.

Dharwiyanti, S., & Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). IlmuKomputer. com, 1-13.

Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem informasi perpustakaan online berbasis web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 29-36.

Huda, D. S. (2014). Prototype Smart Classroom Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Raspberry Pi Dan Arduino.

Kadir, A. (2019). Dasar pemrograman web dinamis menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2008). Tuntunan praktis belajar database menggunakan MySQL. Yogyakarta: C.V.Andi Ofset.

Peranginangin, K. (2006). plikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Pratidina, I. N. (2013). Sitem Informasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Pertama Negeri Dua Karang Anyar. In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informastika dan Komputer FTI UNSA.

Ameldi, R., & Ahsyar, T. K. (2018). Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Pada Lapangan Futsal. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 81-90.

Abednego, Dewi, L. P., & Wibowo, A. (2017). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web pada SMP YBPK 1 Surabaya. Jurnal Infra, Vol 5 No 1, 199–204

Firdaus, R., Sakethi, D., & Rosman, F. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web. Jurnal Komputasi, 3, 85–94

Plaza, M, Abu Jihad R. 2015. “Sistem Informasi Perpustakaan di SMP Negeri 12 Kotabumi Berbasis Borland Delphi 7â€. Jurnal Informatika. Kotabumi: Program Studi Teknik Informatika STMIK Surya Intan Kotabumi.

Downloads

Published

2022-11-30