Implementasi Sistem Pengambilan Keputusan dalam Memilih Merek Sosis Frozen Food Terbaik dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Prima Freshmart BSD

Authors

  • Aries Saifudin Universitas Pamulang
  • Adinda Dwi Lestari Universitas Pamulang
  • Afifah Yasmin Universitas Pamulang
  • Gustin Triani Universitas Pamulang
  • Indira Putri Shahne Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v7i3.21525

Keywords:

merek, Frozen Food, SAW

Abstract

Prima Freshmart bergerak dalam bidang Industri Food & Beverage (F&B), serta wajib mengikuti perkembangan dunia kuliner terutama bahan-bahan makanan. Hal ini dikarenakan agar Prima Freshmart bisa bersaing serta mengikuti kemajuan. Saat ini persaingan bidang usaha frozen food semakin ketat dan sulit untuk menentukan kualitas pada saat membeli merek sosis terbaik. Prima Freshmart memiliki banyak macam-macam merek sosis seperti Champ, Okey, Asimo, dan Fiesta. Oleh sebab ituadanya sebuah system penarikan diharuskan agar dapat membantu pemilihan dan penentuan merek sosis tersebut. Dalam riset ini akan ditarik sebuah kasus yakni menelusuri alternatif yang paling baik berdasarkan merek - merek yang telah ditetapkan dengan memakai teknik SAW (Simple Additive Weighting). Metode SAW mempunyai perhitungan dengan dua iterasi yakni matriks keputusan yang ternormalisasi dan proses perangkingan. Metode ini adalah sebuah teknik yang dapat membantu untuk membuat keputusan dalam memilih merek sosis ini dengan memberi nilai bobot dalam tiap kriteria serta memberi nilai merek sosis dalam tiap kriteria, akan membuahkan hasil peringkat merek sosis dari yang terbaik.

 

 

 

References

Amalia, N. (2020). Sistem Pemilihan Jenis Kayu Terbaik Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Perusahaan SRI DWI Meubel.Skripsi. Tangerang Selatan Universitas Pamulang: Tidak diterbitkan.

Bachtiar, F. (2018). Analisa Boraks dan Formalin Pada Berbagai Olahan Frozeen Food di Daerah Mulyosari. Surabaya Universitas Muhammadiyah Surabaya: UMSurabaya Repository.

C Palandeng, F., C Mandey, L., & Lumoindong, F. (2016). Karakteristik Fisiko-Kimia dan Sensori Sosis Ayam Petelur Afkir Yang Difortifikasi Dengan Pasta Dari Wortel (Daucus Carota L). Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, 19-28.

Haqi, B. (2019). Aplikasi SPK Pemilihan Dosen Terbaik Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan JAVA. DIY: Deepublish.

Lee, D., & Gusrianty, G. (2021). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Sales Terbaik Menggunakan Metode SAW_TOPSIS. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informas iVol. 3 , 66-67.

Londong Allo, R., & Wisnu Wirawan, P. (2020). Implementasi Sitem Pendukung Keputusan Pengadaan Mobil Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Aplikasi Rental Mobil. Jurnal Masyarakat Informatika, 45-50.

M, S., & Ariani Sukamto, R. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (Edisi Revisi). Bandung: Informatika.

Nizar, A., & Marisa, F. (2018). Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Tampilan Perangkat Lunak Berdasarkan Prinsip Usabillity. Journal of Information Technology and Computer Science, 262-264.

Tri Permadani, R. (2020). Pengembangan produk Poky Fried Chicken Berdasarkan Preferensi Konsumen di Kota Bogor. Bogor: Sekolah Vokasi Insitut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2022-11-30