Implementasi Sistem Helpdesk Ticketing Dalam Penyampaian Permasalahan Terkait Hardware Dan Software Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Website (Studi Kasus : PT. Intecs Teknikatama Industri)
DOI:
https://doi.org/10.32493/informatika.v7i3.26221Abstract
PT. Intecs Teknikatama Industri merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan dan pemasangan alat lubrikasi. Dalam operasionalnya PT. Intecs Teknikatama Industri terdapat beberapa divisi, salah satu divisi tersebut menangani berbagai permasalahan yang berkaitan dengan hardware dan software. Dalam mengelola permasalahan tersebut PT. Intecs Teknikatama Industri masih menggunakan pencatatan manual, dimana masih sering mengalami kendala antar teknisi seperti penyajian yang dilakukan tidak akurat sehingga pencatatan laporan tidak efisien. Dalam mengatasi masalah tersebut, Penulis melakukan penelitian untuk membuat aplikasi sistem helpdesk ticketing berbasis website menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Dalam upaya memecahkan masalah tersebut, divisi IT menggunakan sistem penomoran (request ticket) yang berhubungan dengan pertanyaan dan pelayanan teknis maupun keluhan terhadap penggunaan perangkat hardware atau software. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bahasa pemrograman yaitu Hypertext Prepocessor (PHP), serta database MySQL sebagai penyimpanan data keluhan karyawan dan Model Rapid Application Development (RAD) dalam membuat alur perancangannya. Diharapkan sistem helpdesk ticketing karyawan ini dapat mempermudah proses laporan penyampaian masalah dan pengecekan status laporan informasi yang dapat membantu divisi IT dalam mengolah data penyampaian masalah karyawan, serta dapat menanggapi masalah dengan efisien kepada karyawan PT. Intecs Teknikatama Industri.References
Adam, S. I., Moedjahedy, J. H., & Lengkong, O. (2020). Pengembangan It Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web Di Universitas Klabat. Cogito Smart Journal, 6(2), 217. Https://Doi.Org/10.31154/Cogito.V6i2.273.217-228
Azmi Farhan. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Layanan Ticketing Helpdesk Berbasis Web (Studi Kasus: Pt. Ussi Bandung). Http://Epub.Imandiri.Id
Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius Dalam Membina Akhlak Siswa Di Mi Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 68–78. Https://Doi.Org/10.47783/Jurpendigu.V2i1.189
Fitri Duwiyanti. (2019). Skripsi Disusun Oleh: Agil Lukma Nul Hakim 171021400101.
Gede Endra Bratha, W. (2022). Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 344– 360. Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi.V3i3.824
Hadi Zakaria, Sewaka, & Achmad Udin Zailani. (2020). Pengantar Teknologi Informasi Sutarman. In Unpam Press (Vol. 43, Issue 1).
Irawan, A., & Setiyorini, N. K. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi Pt. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Protekinfo(Pengembangan Riset Dan Observasi Teknik Informatika), 4, 6–11. Https://Doi.Org/10.30656/Protekinfo.V4i0.406
Nurman Hidayat, & Kusuma Hati. (2021). Penerapan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (Siraline). Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 8–17. Https://Doi.Org/10.51998/Jsi.V10i1.352
Pt, P., & Mega, B. (2020). Sistem Informasi Helpdesk Ticketing. Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Pada Pt. Bank Mega Tbk, 22(2), 201–207.
Puspitasari, I. P. S. (2021). Perancangan Aplikasi Pelayanan Gangguan Tv Kabel Berbasis Web Dan Sms Gateway. Jurnal Pusat Akses Kajian Teknologi Artifical Intelligence, 1(1), 20–28.
Rahayu, S., Sari, A. R., & Saputra, T. S. (2018). Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. Sensi Journal, 4(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.33050/Sensi.V4i1.703
Ridwan, Mohammad, Et All. (2019). Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web. (Jutis) Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 71–82.
Salsabilla, N. (2022). Peranan Perangkat Keras ( Hardware ) Dalam Sis- Tem Informasi Manajemen. Informasi Manajemen, 0702212214.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Informatika Universitas Pamulang have CC-BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Informatika Universitas Pamulang recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Informatika Universitas Pamulang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)
YOU ARE FREE TO:
- Share : copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt : remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms