Implementasi Sistem Helpdesk Ticketing Dalam Penyampaian Permasalahan Terkait Hardware Dan Software Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Website (Studi Kasus : PT. Intecs Teknikatama Industri)

Authors

  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang
  • Dede Muhar Ardiansyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v7i3.26221

Abstract

PT. Intecs Teknikatama Industri merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan dan pemasangan alat lubrikasi. Dalam operasionalnya PT. Intecs Teknikatama Industri terdapat beberapa divisi, salah satu divisi tersebut menangani berbagai permasalahan yang berkaitan dengan hardware dan software. Dalam mengelola permasalahan tersebut PT. Intecs Teknikatama Industri masih menggunakan pencatatan manual, dimana masih sering mengalami kendala antar teknisi seperti penyajian yang dilakukan tidak akurat sehingga pencatatan laporan tidak efisien. Dalam mengatasi masalah tersebut, Penulis melakukan penelitian untuk membuat aplikasi sistem helpdesk ticketing berbasis website menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Dalam upaya memecahkan masalah tersebut, divisi IT menggunakan sistem penomoran (request ticket) yang berhubungan dengan pertanyaan dan pelayanan teknis maupun keluhan terhadap penggunaan perangkat hardware atau software. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bahasa pemrograman yaitu Hypertext Prepocessor (PHP), serta database MySQL sebagai penyimpanan data keluhan karyawan dan Model Rapid Application Development (RAD) dalam membuat alur perancangannya. Diharapkan sistem helpdesk ticketing karyawan ini dapat mempermudah proses laporan penyampaian masalah dan pengecekan status laporan informasi yang dapat membantu divisi IT dalam mengolah data penyampaian masalah karyawan, serta dapat menanggapi masalah dengan efisien kepada karyawan PT. Intecs Teknikatama Industri.

References

Adam, S. I., Moedjahedy, J. H., & Lengkong, O. (2020). Pengembangan It Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web Di Universitas Klabat. Cogito Smart Journal, 6(2), 217. Https://Doi.Org/10.31154/Cogito.V6i2.273.217-228

Azmi Farhan. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Layanan Ticketing Helpdesk Berbasis Web (Studi Kasus: Pt. Ussi Bandung). Http://Epub.Imandiri.Id

Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius Dalam Membina Akhlak Siswa Di Mi Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 68–78. Https://Doi.Org/10.47783/Jurpendigu.V2i1.189

Fitri Duwiyanti. (2019). Skripsi Disusun Oleh: Agil Lukma Nul Hakim 171021400101.

Gede Endra Bratha, W. (2022). Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 344– 360. Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi.V3i3.824

Hadi Zakaria, Sewaka, & Achmad Udin Zailani. (2020). Pengantar Teknologi Informasi Sutarman. In Unpam Press (Vol. 43, Issue 1).

Irawan, A., & Setiyorini, N. K. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi Pt. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Protekinfo(Pengembangan Riset Dan Observasi Teknik Informatika), 4, 6–11. Https://Doi.Org/10.30656/Protekinfo.V4i0.406

Nurman Hidayat, & Kusuma Hati. (2021). Penerapan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (Siraline). Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 8–17. Https://Doi.Org/10.51998/Jsi.V10i1.352

Pt, P., & Mega, B. (2020). Sistem Informasi Helpdesk Ticketing. Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Pada Pt. Bank Mega Tbk, 22(2), 201–207.

Puspitasari, I. P. S. (2021). Perancangan Aplikasi Pelayanan Gangguan Tv Kabel Berbasis Web Dan Sms Gateway. Jurnal Pusat Akses Kajian Teknologi Artifical Intelligence, 1(1), 20–28.

Rahayu, S., Sari, A. R., & Saputra, T. S. (2018). Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. Sensi Journal, 4(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.33050/Sensi.V4i1.703

Ridwan, Mohammad, Et All. (2019). Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web. (Jutis) Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 71–82.

Salsabilla, N. (2022). Peranan Perangkat Keras ( Hardware ) Dalam Sis- Tem Informasi Manajemen. Informasi Manajemen, 0702212214.

Downloads

Published

2022-11-30