Implementasi Agile Model Pada Perancangan Aplikasi Urunan Dana Berbasis Android di Lembaga Semangat Bantu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v8i1.26260

Keywords:

Agile, Scrum, Development, Aplikasi, Android

Abstract

Pengumpulan dana secara online saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui website. Penggalangan dana melalui website Semangat Bantu yang dimulai dari tahun 2020 berjalan dengan baik dari data yang tercata sampai saat ini 97,5% pengunjung merupakan pengguna android dan dengan keadaan website yang saat ini donatur salalu diminta untuk mengisi data diri ketika ingin berdonasi hal ini akan memperlambat alur saat berdonasi yang memungkin kan donatur untuk tidak melanjutkan donasinya. Melihat kemajuan teknologi dengan meningkatnya pengguna android maka dibuatkanlah sebuah aplikasi android. Agile Development dengan metode pengembangan SCRUM merupakan suatu pilihan yang sangat diperlukan saat ini untuk mengembangan suatu aplikasi yang memungkinkan kemudahan fleksibilitas dan pengembangan yang cenderung lebih singkat tanpa mengurangi kualitas fungsi dari aplikasi. Dari hasil aplikasi android yang dibangun menggunakan metode scrum dengan fungsi saat ini yaitu donatur cukup satu kali daftar bisa berdonasi lebih banyak tanpa harus mengisi kembali data diri, dapat mempercepat alur transaksi donasi pada lembaga Semangat Bantu dan dengan pemilihan metode pengembangan yang tepat aplikasi ini sangat mudah dirawat (maintenance) dan ke depannya sangatlah mudah jika dilakukan pengembangan.

References

Andipradana, A., & Hartomo, K. D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Algoritma.

Aziz, I. A., Nurwahidin, & Chailis, I. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. Jurnal Syarikah, 94-109.

Febriani, M. (2017). Analisis Yuridik Terhadap Perjanjian Baku Dalam Praktik Crowdfunding Berbasis Donasi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Bandung: http://hdl.handle.net/123456789/4914.

Hanum, W. S., & Saifudin, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Panduan Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi Mobile Berbasis Android. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 2(2), 59-65. doi:10.32493/jtsi.v2i2.2798

Hutami, N., & Irwansyah. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Kitabisa Dalam Pelaksanaan Crowdfunding di Indonesia. Jurnal Komunikasi.

Ilham, A. A., Azmi, A., Ramadhani, A. R., Falah, D. F., & Saifudin, A. (2021). Pengujian Sistem Informasi Parkir PT KISP Berbasis Desktop dengan Metode Black-Box. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(1), 96-101. doi:10.32493/informatika.v6i1.8547

Jos, F. T., Steven, R. S., & Alicia, A. E. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Menu Makanan Restoran Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika.

Raharjana, I. K. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Metodelogi Agile. Yogyakarta: Deepublish.

Rosadi, D., & Andriawan, F. O. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos di Kota Bandung Berbasis Android. Jurnal Computech & bisnis, 10(1), 50-58. doi:10.55281/jcb.v10i1.145

Shaleh, I. A., Prayogi, J., Pirdaus, P., Syawal, R., & Saifudin, A. (2021). Pengujian Black Box pada Sistem Informasi Penjualan Buku Berbasis Web dengan Teknik Equivalent Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 4(1), 38-45. doi:10.32493/jtsi.v4i1.8960

Taufiq, R., Magfiroh, D. A., Yusup, D., & Yulianti, Y. (2020). Analisis dan Desain Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di SMK Avicena Rajeg. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 3(1), 15-21. doi:10.32493/jtsi.v3i1.4308

Downloads

Published

2023-03-31