Aplikasi Penjualan Bahan Bangunan Berbasis Web dan Android Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus pada Toko Bangunan Baetu Jaya

Authors

  • Eneng Nuraeni Nusa Putra University
  • Somantri Somantri Nusa Putra University
  • Indra Yustiana Nusa Putra University

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v8i2.32392

Keywords:

aplikasi penjualan, toko bangunan, waterfall

Abstract

TB (Toko Bangunan) Baetu Jaya bergerak di bidang penjualan bahan bangunan dan alat-alat listrik. Mekanisme pencatatan transaksi penjualan dan  pembelian serta pengelolaan barang dan hal lain yang berkaitan dengan pengelolaan toko masih dilakukan secara manual. Tidak ada pencatatan kartu stok barang yang memudahkan pemilik toko dalam mengontrol stok barang sehingga sering terjadi penumpukan dan kekosongan barang.  Tidak ada laporan penjualan ataupun pembelian yang terperinci dan dapat diakses secara mudah oleh pemilik. Pengiriman barang pun sering menjadi masalah akibat pencatatan yang dilakukan secara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengelola stok barang dan laporan, serta pengaturan pengiriman barang di TB. Baetu Jaya. Metode yang digunakan menggunakan metode waterfall, use case, dengan  menggunakan framework codeigneter 4 dan database yang digunakan adalah MySQl. Dengan adanya aplikasi penjualan yang dikembangkan dapat membantu meminimalisir permasalahan yang ditemukan. Aplikasi berbasis web memudahkan pemilik dan petugas toko mengakses aplikasi penjualan di mana pun dengan Platform apa pun. Aplikasi mobile berbasis android memudahkan pengecekan dan konfirmasi daftar pengiriman barang.

References

Angga S, A., & Bunyamin, H. (2016). Pengembangan Aplikasi Penjualan dan Pembelian Bahan Bangunan di Toko Bagja Jaya Menggunakan Metodologi Waterfall. Jurnal Algoritma, 12(2), 326–331. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-2.326

Halilurahman, H., Tandriani, E., & Suniantara, I. K. P. (2021). Pengembangan E-Commerce Tembe Nggoli (Sarung) Khas Bima Berbasis Web Responsive di Desa Nata. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 3(2), 52–63. https://doi.org/10.35746/jtim.v3i2.134

Imam Yahya, M., & Najamuddin, M. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Usecase Driven. Jurnal Informatika STMIK PASIM, 3(1), 41–44. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/25345

Julianti, M. R., Hakim, Z., & Ardiyan, T. (2021). Aplikasi Pedagang Sembako Online Berbasi Android. Academic Journal of Computer Science Research, 3(1), 11–15. https://doi.org/10.38101/ajcsr.v3i1.330

Kurniawan, T. Bayu, S. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan My.SQL. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 77. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851610

Listiyan, E., & Subhiyakto, E. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Di Cv. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4272

Nasution, R. S. (2019). Bangun Rumah: Aplikasi Marketplace untuk Penjualan Bahan Bangunan Berbasis Android (Studi Kasus: Toko Bangunan Bali). Jukomika - (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 2(5), 2655–2755. https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jukomika/183

Padri, M., & Rahmadian, J. (2021). Perancangan Aplikasi Point of Sale Berbasis Web Pada PT. Lottemart Indonesia. Jurnal Maklumatika, 8(1), 80–89. https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/maklumatika/article/view/121%0Ahttps://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/maklumatika/article/download/121/126

Pratama, A. M. I., & Chotijah, U. (2022). Sistem Informasi Kasir Unit Pelayanan Jasa SMKN 1 Cerme Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 5(2), 60–67. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v5i2.149

Pratiwi, N. A., Triayudi, A., & Handayani, E. T. (2021). Analysis and Design of Mobile Web-Based Menu E-Order Systems Using the Pieces Method (Case Study: Café 50/50 Coffee). Jurnal Riset Informatika, 4(1), 29–36. https://doi.org/10.34288/jri.v4i1.292

Purnomo, S., Anwar, S. N., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., & Stikubank, U. (2019). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) dengan API Facebook pada Toko Bangunan Berkah. Prosiding SENDI_U 2019, 236–240.

Sinaga, D. B., Nasution, M. B. K., & Munthe, S. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Material Bangunan Menggunakan Metode Ucd (User Center Design) Studi Kasus Ud. Abang Adik Rantauprapat. U-NET Jurnal Teknik Informatika, 5(2), 40–44.

Suharya, Y., & Azhari, F. (2021). Pembuatan Aplikasi Penjualan Tanaman Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Toko Azrina Flower. Jurnal Informatika, 08, 35–40.

Surya Duha, D. L., Sarkum, S., Rasyid Munthe, I., & Purnama, I. (2018). Aplikasi Berita Online Berbasis Android: Studi pada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 380–386. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.963

Downloads

Published

2023-06-30