Aplikasi Penjualan Bahan Bangunan Berbasis Web dan Android Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus pada Toko Bangunan Baetu Jaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/informatika.v8i2.32392Keywords:
aplikasi penjualan, toko bangunan, waterfallAbstract
TB (Toko Bangunan) Baetu Jaya bergerak di bidang penjualan bahan bangunan dan alat-alat listrik. Mekanisme pencatatan transaksi penjualan dan pembelian serta pengelolaan barang dan hal lain yang berkaitan dengan pengelolaan toko masih dilakukan secara manual. Tidak ada pencatatan kartu stok barang yang memudahkan pemilik toko dalam mengontrol stok barang sehingga sering terjadi penumpukan dan kekosongan barang. Tidak ada laporan penjualan ataupun pembelian yang terperinci dan dapat diakses secara mudah oleh pemilik. Pengiriman barang pun sering menjadi masalah akibat pencatatan yang dilakukan secara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengelola stok barang dan laporan, serta pengaturan pengiriman barang di TB. Baetu Jaya. Metode yang digunakan menggunakan metode waterfall, use case, dengan menggunakan framework codeigneter 4 dan database yang digunakan adalah MySQl. Dengan adanya aplikasi penjualan yang dikembangkan dapat membantu meminimalisir permasalahan yang ditemukan. Aplikasi berbasis web memudahkan pemilik dan petugas toko mengakses aplikasi penjualan di mana pun dengan Platform apa pun. Aplikasi mobile berbasis android memudahkan pengecekan dan konfirmasi daftar pengiriman barang.
References
Angga S, A., & Bunyamin, H. (2016). Pengembangan Aplikasi Penjualan dan Pembelian Bahan Bangunan di Toko Bagja Jaya Menggunakan Metodologi Waterfall. Jurnal Algoritma, 12(2), 326–331. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-2.326
Halilurahman, H., Tandriani, E., & Suniantara, I. K. P. (2021). Pengembangan E-Commerce Tembe Nggoli (Sarung) Khas Bima Berbasis Web Responsive di Desa Nata. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 3(2), 52–63. https://doi.org/10.35746/jtim.v3i2.134
Imam Yahya, M., & Najamuddin, M. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Usecase Driven. Jurnal Informatika STMIK PASIM, 3(1), 41–44. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/25345
Julianti, M. R., Hakim, Z., & Ardiyan, T. (2021). Aplikasi Pedagang Sembako Online Berbasi Android. Academic Journal of Computer Science Research, 3(1), 11–15. https://doi.org/10.38101/ajcsr.v3i1.330
Kurniawan, T. Bayu, S. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan My.SQL. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 77. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851610
Listiyan, E., & Subhiyakto, E. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Di Cv. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4272
Nasution, R. S. (2019). Bangun Rumah: Aplikasi Marketplace untuk Penjualan Bahan Bangunan Berbasis Android (Studi Kasus: Toko Bangunan Bali). Jukomika - (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 2(5), 2655–2755. https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jukomika/183
Padri, M., & Rahmadian, J. (2021). Perancangan Aplikasi Point of Sale Berbasis Web Pada PT. Lottemart Indonesia. Jurnal Maklumatika, 8(1), 80–89. https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/maklumatika/article/view/121%0Ahttps://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/maklumatika/article/download/121/126
Pratama, A. M. I., & Chotijah, U. (2022). Sistem Informasi Kasir Unit Pelayanan Jasa SMKN 1 Cerme Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 5(2), 60–67. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v5i2.149
Pratiwi, N. A., Triayudi, A., & Handayani, E. T. (2021). Analysis and Design of Mobile Web-Based Menu E-Order Systems Using the Pieces Method (Case Study: Café 50/50 Coffee). Jurnal Riset Informatika, 4(1), 29–36. https://doi.org/10.34288/jri.v4i1.292
Purnomo, S., Anwar, S. N., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., & Stikubank, U. (2019). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) dengan API Facebook pada Toko Bangunan Berkah. Prosiding SENDI_U 2019, 236–240.
Sinaga, D. B., Nasution, M. B. K., & Munthe, S. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Material Bangunan Menggunakan Metode Ucd (User Center Design) Studi Kasus Ud. Abang Adik Rantauprapat. U-NET Jurnal Teknik Informatika, 5(2), 40–44.
Suharya, Y., & Azhari, F. (2021). Pembuatan Aplikasi Penjualan Tanaman Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Toko Azrina Flower. Jurnal Informatika, 08, 35–40.
Surya Duha, D. L., Sarkum, S., Rasyid Munthe, I., & Purnama, I. (2018). Aplikasi Berita Online Berbasis Android: Studi pada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 380–386. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.963
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Informatika Universitas Pamulang have CC-BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Informatika Universitas Pamulang recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Informatika Universitas Pamulang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)
YOU ARE FREE TO:
- Share : copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt : remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms