Implementasi Sistem Layanan Dukungan dan Pengaduan Pelanggan pada Produk Justmine Beauty Berbasis Mobile

Authors

  • Septia Rizka Hidayah Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Rr. Hajar Puji Sejati Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v8i3.34722

Keywords:

Support Services, Customer Complaints, Justmine Beauty, Mobile, Health

Abstract

Justmine Beauty is a series of daily skin care products that can overcome all skin types, natural ingredients taken from water can provide nutrition and nourish facial skin, then specially formulated and dermatologically tested which has halal certification and BPOM so that it is suitable for skin problems and accompany activities, keep facial skin healty with Justmine Beauty. Generally, customers conduct consultations only using WhatsApp or other social media where later this consultation history is also lost because it is not saved. Customer complaints contained in the brans mostly contain complaints of damageto the product. The author’s foal for making this research reportis to implement a customer support and complaint service system for Justmine Beauty products. Based on the result of the application that has been built, researchers can display consultation and complaint services so that users can consult and make mobile-based complaints.

References

Alghanii, F. D. (2022). PEMODELAN PROSES BISNIS JASA LAYANAN AMBULANCE CV AMERTHA SENA.

Aliman, W. (2021). Perancangan perangkat lunak untuk menggambar diagram berbasis android. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 3091–3098.

Anggara, N. A. A., Hutahaean, J., & Iqbal, M. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3 (4), 480–488.

Frisdayanti, A. (2019). Peranan Brainware Dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 60–69.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Hanifah, S. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Pada Perumda Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis), 3(2), 104–115.

Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). Bimbingan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 3 Susua tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1–12.

Alghanii, F. D. (2022). PEMODELAN PROSES BISNIS JASA LAYANAN AMBULANCE CV AMERTHA SENA.

Aliman, W. (2021). Perancangan perangkat lunak untuk menggambar diagram berbasis android. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 3091–3098.

Anggara, N. A. A., Hutahaean, J., & Iqbal, M. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3 (4), 480–488.

Frisdayanti, A. (2019). Peranan Brainware Dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 60–69.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Hanifah, S. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Pada Perumda Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis), 3(2), 104–115.

Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). Bimbingan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 3 Susua tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1–12.

Limantoro, R. R., & Kristiadi, D. P. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Green Folder Menggunakan Metode Berorientasi Objek Dan UML Berbasis Web Pada TK Harvest Christian School. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi (SINTEK), 1(1), 7–14.

Maarif, V., Nur, H. M., & Septianisa, T. A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah menggunakan logika Fuzzy. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 7(2).

Mardiyati, S., Rahman, A. K., & Nugraha, Y. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan barang Berupa Alat Music Di Toko Martmusic. Jurnal Inovasi Informatika, 7(1), 86–95.

Mursalim, S. W. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Sistem Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 1–17.

Nurullita, D. A., & Azizah, N. (2022). Pengaruh Relational Bonds dan Kualitas Produk terhadap Social Media-Word of Mouth pada Msglow Beauty. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 141–153.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. (2019). Pengembangan aplikasi kuesioner survey berbasis web menggunakan skala likert dan guttman. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137.

R Wiyono, S. H. (2022). Sistem peradilan pidana anak di Indonesia. Sinar Grafika.

Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi pengenalan perangkat keras komputer berbasis android menggunakan augmented reality (ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 24–31.

Sanjaya, D., Abdurachman, H., Wicaksono, A. A., & Masya, F. (2021). Sistem informasi pengendalian asset kendaraan di perusahaan transportasi. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 6(1), 24–32.

Sholeh, R., Agrina, A., & Safri, S. (2019). Hubungan Dukungan Suami Terhadap Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Di Rumah Sakit. Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 17–25.

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113–121.

Syamsiah, S. (2019). Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1), 86–93.

Yulistina, S. R., Nurmala, T., Supriawan, R. M. A. T., Juni, S. H. I., & Saifudin, A. (2020). Penerapan Teknik Boundary Value Analysis untuk Pengujian Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Black Box Testing. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 129–135.

Downloads

Published

2023-09-30