Analisa Pengaruh On-Demand Service Terhadap Insurance Technology di Kota Batam Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

  • Suryani Huang Universitas Internasional Batam
  • Yefta Christian Universitas Internasional Batam
  • Herman Herman Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v8i3.34849

Keywords:

Information System, Information Technology

Abstract

Teknologi yang canggih memungkinkan segala aktivitas dilakukan dalam waktu singkat. Salah satunya yaitu dengan adanya teknologi seperti on-demand service.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari on-demand service terhadap insurance technology dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Metode yang akan digunakan dalam menganalisa data adalah metode campuran (mixed method). Pada penggunaan mteode campuran ini, peneliti membanding hasil penelitian kuantitatif serta kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner serta melakukan wawancara kepada masyarakat kota Batam yang berumur 18-45 tahun. Berdasarkan hasil data yang didapatkan dari 385 responden serta 10 narasumber, menunjukkan bahwa dominan laki-laki berumur 24-35 tahun sudah pernah menggunakan layanan teknologi informasi. Hasil penelitian dengan menggunakan teori TAM, menunjukkan bahwa canggihnya teknologi masih belum dapat menghilangkan rasa khawatir pengguna atas resiko dari penggunaan layanan teknologi asuransi. Namun dengan adanya kemudahan, keamanan data yang dijaga, serta manfaat baik yang dapat dirasakan oleh pengguna dapat meningkatkan minat pengguna untuk menggunakan layanan teknologi asuransi tersebut.

References

Benshlomo, O. (2023). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN BSI MOBILE DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 88–100.

Desy Ria, M., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 122–133. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Gudiño León., A. R., Acuña López., R. J., & Terán Torres., V. G. (2021). PENGARUH ATTITUDE TOWARDS USING, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL. 6.

Halim, H. (2019). Pengaruh User Interface Quality, Information Quality, Perceived Security, Perceived Privacy, Belief, Dan Knowledge Terhadap Niat Beli Barang Di Website E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i2.4961

Hanifa, N., & Sutresna, J. (2022). Penerapan Metode Webqual 4.0 dan E-S Qual Dalam Quality Measurement Pada Website Madu Persada Pengolahan Madu dan Herbal. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(03), 225–235. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

Koester, N., Cichy, P., Antons, D., & Salge, T. O. (2022). Perceived privacy risk in the Internet of Things: determinants, consequences, and contingencies in the case of connected cars. Electronic Markets, 32(4), 2333–2355. https://doi.org/10.1007/s12525-022-00522-6

Komang Ratih Kumala, N., & Savitri Puspaningrum, A. (2020). E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus : Okonomix Kedaton Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 105–110. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Penggunaan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.19-29

Lacky, B. K., & Malfiany, R. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Ovo Di Arawang Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(4), 48–56. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i4.81

Permana, G. P. L., Yogananda, S., & Paramartha, I. G. N. D. (2020). PREDIKSI PENERIMAAN LAYANAN INSURANCE TECHNOLOGY (INSURTECH)DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Edisi Februari 2021, 23–32.

Putri Primawanti, E., & Ali, H. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive Support Sistem (Ess) for Business). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 267–285. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.818

Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440

Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/4610/Teknik-Analisis-Data-Penelitian-Kuantitatif.pdf

van der Burg, R. J., Ahaus, K., Wortmann, H., & Huitema, G. B. (2019). Investigating the on-demand service characteristics: an empirical study. Journal of Service Management, 30(6), 739–765. https://doi.org/10.1108/JOSM-01-2019-0025

Yan, N., Xu, X., Tong, T., & Huang, L. (2021). Examining consumer complaints from an on-demand service platform. International Journal of Production Economics, 237(May), 108153. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2021.108153

Downloads

Published

2023-09-30