Metode Graphic Rating Scales Untuk Managed Service Perangkat PABX Pada PT. Bank Danamon.TBK

Authors

  • Bagas Setiyaki Wicaksono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v8i3.34889

Keywords:

PABX, Graphic Rating Scales, Managed Service

Abstract

Perusahaan, industri dan perkantoran pada umumnya menggunakan salah satu teknologi telepon yaitu Private Automatic Branch Exchange (PABX) atau disebut juga sebagai PBX, merupakan suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal (extension to extension) dengan external (out-going dan incoming). Metode GRS (Graphic Rating Scales) menjadi salah salah satu cara faktor pendukung dalam melihat performa PABX pada suatu perusahaan. Selain itu, metode ini pun banyak digunakan oleh perusahaan karena mudah dimodifikasi jika diperlukan adanya terhadap kriteria-kriteria yang menjadi bahan penilaian. Bank Danamon memiliki jaringan distribusi geografi yang terluas dari semua Bank di Indonesia dengan 500 kantor cabang, 790 ATM, serta didukung oleh lebih dari 13.000 karyawan. Adapun beberapa indikator PABX yang akan dinilai atau permasalahan yang akan dilihat dalam performa PABX itu sendiri diantaranya tahun instalasi PABX, kapasitas/kondisi hardisk, kapasitas RAM, CPU Usage atau beban penggunaan PABX dan lain-lain sehingga digunakanlah Metode GRS (Graphic Rating Scales) dengan pilihan penilaian baik, cukup dan tidak baik. Setelah sistem diuji cobakan dengan cara membandingkan monitoring PABX manual dengan menggunakan sistem yang telah dibuat, maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah layak untuk digunakan untuk Managed Service perangkat PABX pada PT. Bank Danamon.TBK.

 

Kata Kunci: PABX, Graphic Rating Scales, Managed Service

References

Agustini Ayu, S & Satria. (2017). Penerapan Metode Graphic Rating Scales (GRS) dalam Penilaian Kinerja Karyawan. Jurnal Kilat Vol. 6 No. 2

Ningsih Norma, Sunarti Dewiyanti & Yusonanda, Y. (2021). Implementasi Metode Graphic Rating Scales (GRS) Pada Aplikasi Penilaian Kinerja Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia Cabang Surabaya Berbasis Website. Journal of Technology and Informatics (JoTI) Vol. 2, No. 2.

Ismail & Nursakti. (2020). Implentasi Graphic Rating Scale Pada Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Penerimaan Bantuan Beras Miskin (RASKIN) Di Desa Maccile Kabupaten Soppeng. Jurnal : Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol.10 No.2 Desember 2020.

Rondonuwu, Sintje A. Pasoreh, Yuriewati. Parsaorantua, Pasaribu Humisar. (2017). Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-Government Di Kominfo Kota Manado). Jurnal : e-journal “Acta Diurna†Volume VI. No. 3. Tahun 2017.

Ermawati & Taufik, Andi. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pentas Seni Berbasis Web Pada Sanggar Seni Getar Pakuan Bogor. Jurnal: IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Volume 3 No 2 – 2017.

Downloads

Published

2023-09-30