Keputusan Promosi Efektif dengan Metode Oreste Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi

Authors

  • Dicki Prayudi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Renny Oktapiani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Achmad Andika Gunawan Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32493/informatika.v6i2.9855

Keywords:

DSS, Oreste, Marketing Strategy, Wedding Organizer

Abstract

Wedding Organizer is a service business for preparing wedding events. Since its establishment in 2015 to 2020, the Wedding Organizer in Sukabumi with the Gosimplywedding brand has carried out several sales methods to get clients, including Canvassing, Online Social Media, Internal Marketing, Marcomm Development, and Offline Shows. The Decision Support System required by management uses the FMADM method, in order to find the optimal alternative from a number of methods that have been used. The results of the calculation of Gosimplywedding sales data from 2017 to 2020 produced a method with Online Social Media in the first order with a value of 16 which is the smallest value ranking. This method is considered the most effective and most generates brand sales so that it can be used as a decision by management for the following year.

References

Alwendi, Alwendi, and Dasril Aldo. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Toko Handphone Terbaik Di Kota Padangsidimpuan Menggunakan Metode Oreste.†Jursima 8(1):10. doi: 10.47024/js.v8i1.190.

Astiani, Nella, Desi Andreswari, and Yudi Setiawan. 2016. “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode ORC Dan Metode Oreste Berbasis Mobil Web.†Skripsi 12(2):125–40.

Hermawan, Ludwika Dendy, and Mahmud Imrona. 2014. “Implementasi Metode Entropy Dan Oreste Pada Rekruitasi.†E-Proceeding of Engineering 1(1):711–18.

Lubis, Mardiyah. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kader Kesehatan Puskesmas Mandala Kecamatan Medan Tembung Dengan Menggunakan Metode Oreste.†1(4):246–53.

Muhammad, Muhammad, and Yahdi Kusnadi. 2017. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan Dan Preweding Berbasis Web.†Jurnal Teknologi Informatika & Komputer 4(2):68–76.

Octavia, Ayu. 2019. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Oreste (Studi Kasus: PDAM Tirta Deli Kab. Deli Serdang).†Jurnal Riset Komputer (JURIKOM) 6(6):570–74.

Panggabean, Erwin. 2015. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Perumahan Ideal Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting.†Jurnal Times IV(1):12–17.

Prayudi, Dicki, and Resti Yulistria. 2020. “Penggunaan Matriks SWOT Dan Metode QSPM Pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus Pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi.†Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship 9(2):225. doi: 10.30588/jmp.v9i2.516.

Purwadi, Widiarti, Maya Rista, and Ahmad Calam. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pada Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste.†Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer 19(1):110–21.

Sianturi, Fricles Ariwisanto, Bosker Sinaga, and Paska Marto Hasugian. 2018. “Fuzzy Multiple Attribute Decisison Macking Dengan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi.†Journal Of Informatic Pelita Nusantara 3(1):63–68.

Supriyadi, and Garuda Ginting. 2019. “Fuzzy Multiple Attribute Decision Macking ( FMADM ) Berdasarkan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi ( Studi Kasus : STMIK Budi Darma Medan ).†Jurnal Pelita Informatika 8:292–97.

Widaningrum, Ida. 2013. “Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Multi-Attribute Decision Making ( Fmadm ) Dengan Pengembangan ( Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Ponorogo ).†Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2013 STMIK AMIKOM. Yogyakarta 61–66

Downloads

Published

2021-06-30