PELATIHAN AWARENESS ISO 9001:2015 DI PT CITRA ABADI SEJATI
Abstract
ISO 9001:2015 (Sistem Manajemen Mutu) adalah keluarga dari sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta dapat memenuhi persyaratan Perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau jasanya ISO 900:2015 berkaitan erat dengan dasar-dasar dari sistem manajemen mutu. ISO 9001:2015 adalah standard dokumen (standard persyaratan) yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh organisasi dan harus dijaga implementasinya. ISO 9001:2015 adalah standar terbaru dari sistem manajemen mutu ini dan “2015†adalah tahun revisi terbaru dari sistem manajemen mutu itu. Dalam pelaksanaannya diperusahaan terdapat permasalahan sebagai berikut: 1) Kurang pahamnya karyawan terhadap ISO 9001:2015; 2) Prosedur dan SOP yang belum berjalan dengan baik yang disebabkan karena koordinasi yang kurang antar departeman. Materi melalui sistem daring video conference, Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk perusahaan PT CITRA ABADI SEJATI,yaitu: memberikan pemahaman mengenai ISO 9001:2015 kepada karyawan dan memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai pengaplikasian ISO 9001:2015.
Kata Kunci: Manajemen Mutu, ISO 9001:2015, Pelatihan
References
Apriansyah, M., Sahroni, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Krisyanto, E. (2020). MEMBANGUN SPIRIT KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI LANGKAH POSITIF DI MASA PANDEMI PADA KELOMPOK PKK KEL. CIPINANG MELAYU. Abdi Laksana, 1(3), 418-423.
Ganar, Y. B., Sahroni, S., Zulfitra, Z., Apriansyah, M., & Susanto, S. (2021). MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA GOA GUDAWANG. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 83-87.
Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.
Ramadhany, FF. (2017). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015 Dalam Menunjang Pemasaran (Studi pada PT Tritama Bina Karya Malang). Universitas Brawijaya Malang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 53 No. 1
Rofii, M. (2016). 7 Prinsip Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Bekasi: Sentral Sistem
Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-16.
Susanto, Muhamad Iqbal, and Wawan Supriyatna. "Creating an Efficient Justice System with E-Court System in State Court and Religious Court of Rights." International Journal of Arts and Social Science 3.3 (2020): 354-361.
Umam, K. (2013). Kendala Dalam Menerapkan ISO 9001:2015 Jakarta: Multiple
Universitas Padjajaran. (2016). Materi ISO 9001:2015 (Memahami Persyaratan dan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015). Bandung: www.fe.unpad.ac.id diunduh 4 November 2018