PARTISIPASI DAN PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH DENGAN MEDIA DIGITAL

Authors

  • Suyatin Suyatin Universitas Pamulang
  • Eko Cahyadi Universitas Pamulang
  • Panji Galih Kusumo Adie Universitas Pamulang
  • Rachmawaty Rachmawaty Universitas Pamulang
  • Hafis Laksmana Nuraldy Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai cara terbaik dalam berkomunikasi, melakukan pendekatan serta mengambil tindakan dalam memotivasi untuk menumbuhkan semangat belajar anak. Metode yang digunakan pada Pengabdian masyarakat ini berupa penyampaian materi secara verbal melalui media zoom untuk menumbuhkan semangat belajar anak dengan berkomunikasi menggunakan kalimat yang positif kepada anak, menumbuhkan rasa percaya kepada anak dalam pendekatan, dan menumbuhkan rasa nyaman kepada anak atas segala tindakan orang tua. Sehingga pihak orang tua dapat langsung belajar mempraktekkan cara memotivasi untuk menumbuhkan semangat belajar anak di rumah. Hasil pengabdian masyarakat adalah bertambahnya ilmu pengetahuan dan wawasan yang memadai mengenai cara agar anak dapat termotivasi dan merasa nyaman belajar di rumah dengan partisipasi dan peran orang tua yang dapat membantu mereka dalam meningkatkan motivasi belajar dengan Media Digital, sehingga dampak setelah pengabdian ini orang tua dapat menambah wawasan, merasa nyaman dan percaya diri dalam berpatisipasi serta dapat  menjalankan peranannya kepada anak.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar; Orang Tua; Anak; Media Digital

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengaja. Cet 5, PT Rineka Cipta, Jakarta. Hlm. 39-41

Effendy, A. A., Murtiyoko, H., & Wicaksono, W. (2019). “Pemberian Motivasi Dalam Membangun Genenerasi Muda Yang Berkompeten Dan Religius Pada Madrasah Aliyah Ummul Qura Pondok Cabe, Pamulang Tangerang Selatan.†Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 1-5

Effendy, A. A., Budiyanto, A., Nurhadi, A., Murtiyoko, H., & Mas’adi, M. (2020). “Implementasi Kewirausahaan dan Koperasi di Sekolah pada SMK Mulia Buana, Parung Panjang–Kab. Bogor.†DEDIKASI PKM, 1(2), 105-110.

Effendy, A. A., Mas’adi, M., Wicaksono, W., Nurhadi, A., & Murtiyoko, H. (2020). “Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul Di Era Globalisasi Dengan Berbekal Ilmu Wirausaha Yang Kreatif, Inovatif Dan Diferensiatif Pada Remaja Masjid Al Hikmah Reni Jaya Pamulang Tangerang Selatan.†Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 8-15.

Effendy, A. A., Sudarso, A. P., Nurhadi, A., Arifianto, C. F., & Kartono, K. (2020). “Peningkatan Profesionalisme Guru Dan Pengembangan Sdm Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Pada Guru SMK Mulia Buana Parung Panjang Bogor.†Abdi Laksana, 1(2).

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. 7, PT. Bumi Aksara, Jakarta. Hlm. 37

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang.†JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129-139.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, https://www.kemdikbud.go.id, diakses pada Oktober 2020

Lilawati, A. (2020). “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549.

Nasution, Prof. Dr. S., 2015. “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajarâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta

Sina, I., Maryunani, B. J., & Harahab, N. (2017). Analysis of total economic value of ecosystem mangrove forest in the coastal zone Pulokerto Village District of Kraton Pasuruan Regency. International Journal of Ecosystem, 7(1), 1-10.

Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). “Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa Rzis Ugm dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta.†Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Susanto, Muhamad Iqbal, and Wawan Supriyatna. "Creating an Efficient Justice System with E-Court System in State Court and Religious Court of Rights." International Journal of Arts and Social Science 3.3 (2020): 354-361.

Syamsinar. (2015). “Peranan Orang Tua Siswa Dalam Memotivasi Belajar Anaknya (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa). Jurnal Sosialisasi, 2(1).

Downloads

Published

2021-03-03