GUNAAN MODEL PEMBELAJAR MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i2.2386Keywords:
Mind Mapping, Pemahaman konsep matematika siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rakit Kulim masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa dengan penggunaan model pembelajaran mind mapping lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan penggunaan pembelajaran konvensional kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rakit Kulim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu randomized control group only design. Populasi pada penelitian ini kelas VIII, yang menjadi sampel kelas VIII A dan VIII B Teknik analisis data menggunakan uji-t sebagai uji hipotesis, hasil analisis diperoleh = 4,363 dan = 2,01, karena > diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan penggunaan pembelajaran konvensional di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rakit Kulim.
References
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencana dan Strategi Pembelajaran
Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Helmi. 2013. Micro Teacing Melatih Keterampilan Dasar Mengaja.
Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: KDT
Sirwardani. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs
untuk optimalisasi Tujan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.