Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v5i2.27304Abstract
Model pembelajaran RME merupakan pembelajaran yang dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah dalam pendidikan matematika merupakan kemampuan yang penting. Pembelajaran dengan menggunakan RME diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran RME berbasis lingkungan lebih baik dari pembelajaran yang menggunakan model langsung dan untuk mengetahui ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RME berbasis lingkungan dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji rerata, dan uji hipotesis. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu proporsi nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RME berbasis lingkungan dan model pembelajaran langsung mencapai ketuntasan belajar telah mencapai 75%. Pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran RME berbasis lingkungan lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: RME, Lingkungan, Kemampuan Pemecahan Masalah.
References
Abidin, Z., Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika 4(1).
Juliawan, G. A., Putu, L., Mahadewi, P., Rati, N. W., & Tp, J. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD 5(2).
Muncarno, & Astuti, N. (2021). Pengaruh Realistic Mathematic Education Dengan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2).
Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1).
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15067
Palinussa, A. L., Molle, J. S., Gasperz, M. (2021) Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE),10(2), 522-534. DOI: 10.11591/ijere.v10i2.20640
Purwasi, L. A., Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, 10 (1) 18-26 DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( Rme ) Terhadap Kemampuan Pemahaman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80.
Sari, D. P., Putra, R. W. Y., Syazali, M., (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72.
Sari, P. M., Purnamasari, I., Baedowi, S. (2018). Pengaruh Metode Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle Bangun Datar 3 Dimensi Terhadap Kemamuan Pemechan Masalah. International Journal of Community Service Learning, 2(4) 251-259.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal nasional pendidikan matematika),1(1), 163–177.
Sudrajat, A., Lovienica, M., Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan, 17(1).
Supardi, U.S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Cakrawala Pendidikan, (2).
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131–142.
Wulandari, S., Azis, M., & Hamzah. (2016). Pengaruh Media Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Murid Kelas V Sd Inpres Karunrung. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(2).
Zheng, Q., Xu, A., & Kong, D. (2017). Environmental education, knowledge management and professional performance in eco-tourism: The impact relatedness. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(8), 4679- 4687
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.