PENGEMBANGAN BUKU BRAILLE STATISTIK DASAR PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DI UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Nisak Ruwah Ibnatur Husnul UNIVERSITAS PAMULANG
  • Lisda Fitriana Masitoh Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i2.6344

Keywords:

braille, pengembangan, statistika, tunanetra.

Abstract

Tunanetra yang tidak disertai dengan hambatan intelektual berhak mendapatkan pendidikan di sekolah inklusi. Saat ini pendidikan inklusi di Indonesia telah berkembang pada tingkat perguruan tinggi untuk memfalitiasi mahasiswa tunanetra belajar. Dalam perjalanannya pendidikan inklusi di perguruan tinggi menemui berbagai kendala. Salah satunya kesulitas mahasiswa tunenetra belajar matematika. Kesulitan terjadi karena pembaca layar yang digunakan mahasiswa tunanetra untuk memahami file dari dosen tidak bisa membaca persamaan atau simbol matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku braille statistika dasar untuk memfasilitasi mahasiswa tunanetra belajar di kelas inklusi bersama dengan mahasiswa lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan adaptasi pengembangan model pengembangan Borg & Gall yang meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan dan revisi akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, pedoman wawancara dan tes statistika. Hasil dari penelitian ini telah menghasilkan buku braille statistika dasar yang layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif berdasarkan hasil uji coba lapangan. Oleh karena itu buku braille statistika dasar dapat digunakan sebagai pilihan alternatif dalam membantu mahasiswa tunanetra belajar materi statistika dasar, khususnya di program studi Teknik informatika.

References

Ainscow, M. 2005. Understanding The Development Of Inclusive Education System. Journal Of Research In Educational Psychology. Vol 3, 5-20.

Borg, W. R., & Gall, M. D. 1983. Educational research an introduction. New York, NY: Longman. Herward, W.L. 2017. Exceptional Children: An Introductory Survey Of Special Education (3 edition). London: Merril Publishing Company.

Herward, W.L. 2017. Exceptional Children: An Introductory Survey Of Special Education (3 edition). London: Merril Publishing Company.

Hidayat, Asep AS dan Ate Suwandi. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan (Perspektif Pendidikan & Layanan). Jakarta: Luxima Metro Media

Irianto, A. 2003. Statistika: Konsep dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media

Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press

Mohammad, E. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Unesco. 2003. Overcoming Exclusion Through Inclusive Approaches in Education. A Challenge and Vision. Conceptual Paper.

Nakata, H. 2003. Educational Cooperation Bases System Construction Project, Implementation Report, Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED), University of Tsukuba, Japan.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to reach product quality. Dalam J.V. den Aker, et al. Design approaches and tools in education and training. (pp. 125-136). London: ICO Cluwer Academic Publisher.

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles