PENGARUH UMKM TERHADAP PENDAPATAN NASIONAL BERDASARKAN KELOMPOK USAHA TAHUN 2014-2018

Authors

  • Euis Sartika Politeknik Negeri Bandung
  • Anny Suryani Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i2.7414

Keywords:

UMKM, Regresi data panel, kelompok usaha

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran strategis dalam pendapatan nasional. Fakta menunjukkan bahwa UMKM terbukti mampu bertahan saat terjadi krisis moneter dan ekonomi. UMKM juga berperan besar dalam menyerap tenaga kerja dan mampu mendistribusikan hasil pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM terhadap pendapatan nasional. Data yang digunakan adalah data sekunder kuantitatif berupa time series (tahun) dan data cross section (kelompok usaha) dan metode yang digunakan adalah regresi data Panel. Regresi data panel merupakan kombinasi dari data Cross Section dan data Time Series, dimana unit Cross Section yang sama diukur pada waktu yang berbeda. Variabel responnya adalah Pendapatan Nasional (PDRB) dan variabel prediktornya adalah Jumlah Tenaga Kerja (TKERJA), Jumlah UMKM (JUSAHA), INVESTASI, dan EKSPOR. Data diperoleh dari BPS, Kemenkop dan UMKM, serta BI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik adalah model Fixed Effect, variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nasional (PDRB) adalah INVESTASI dan EKSPOR. Berdasarkan nilai R-Squared, diperoleh hasil  R2 adalah 80,34%, artinya  80,34% Pendapatan Nasional (PDB) dipengaruhi oleh variabel JUSAHA, INVESTASI, EKSPOR, dan PEKERJA, sisanya 19,66% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: UMKM, Regresi data panel, kelompok usaha

 

Author Biographies

Euis Sartika, Politeknik Negeri Bandung

Administrasi Niaga

Anny Suryani, Politeknik Negeri Bandung

Akuntansi

References

Elwisam, Lestari.R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Jakarta.

H. A. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM Di Indonesia. Ekonomi Pembangunan, 8.

Hamza L.M, Agustien D. (2019). Pengaruh Perkenbangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah terhadap Pendapatan Nasional pada Sektor UMKM. Jurnal Ekonomi Pembangunan.

Kemenkeu. (2018). Ini Bentuk Perhatian Pemerintah terhadap UMKM.

Kemenkeu. (2018). Ini Bentuk Perhatian Pemerintah terhadap UMKM.

Kemenkop, d. U. (2019). Sinergitas Pengembangan KUMKM melalui Penguatan Peran antar Lembaga.

Kemkominfo. (2018).

Rahmini, Y. (2017). Perkembangan UMKM di Indonesia. Cano Ekon, 6 1 jan .

Saleh. B, Hadiyat Y.D. (2016). Penggunaan Teknologi Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan (Studi Kasus di Kab. Belu Prov. NTT). Pekommas.

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles