ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i2.8674Keywords:
Kesulitan penyelesaian soal, soal pemahaman, HOTSAbstract
Pada kurikulum 2013, siswa dituntut untuk menguasai soal-soal HOTS. Tentu saja hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas sehingga siswa dapat memahami dan menyelesaikan dengan baik soal-soal HOTS. Namun, kenyataannya, tidak sedikit siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam pemahaman belajar serta penyelesaian soal HOTS pada materi SPLDV khususnya pada soal Pemahaman dan Aplikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah siswa VII MTs Muawanatul Islamiyyah Tahun ajaran 2019/2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan subjek dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh. 1) Kurangnya pemahaman konsep yang digunakan dalam perhitungan, 2) tidak mampu memahami soal berupa narasi, 3) salah mendeskripsikan pertanyaan dari soal, 4) kurangnya berlatih dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variable.
References
Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., & Kohar, U. H. A. (2017). Mathematics teachers’ level of knowledge and practice on the implementation of higher order thinking skills (HOTS). EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13 (1), 3-17. doi:10.12973/eurasia.2017.00601a.
Dewantara, A. H., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2015). Assessing seventh graders’mathematical literacy in solving pisa-like tasks. Journal on Mathematics Education, 6(2), 117-128.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal
Kusaeri, K., & Aditomo, A. (2019). Pedagogical Beliefs about Critical Thinking among Indonesian Mathematics Pre-service Teachers. International Journal of Instruction, 12(1).
Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135-142.
Kusuma, A. P., Rahmawati, N. K., & Ramadoni, R. (2020). The Application of the Accelerated Learning Cycle, Brain-based Learning Model, and Direct Instruction Model toward Mathematical Reasoning in Terms of Mathematical Communication. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 21-28.
Laman, E. G. 2019. Analisis kesalahan siswa dalam dalam memecah kan masalah matematika higher order thinking skills (hots) berdasarkan criteria hadar ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas XII SMAN 5 Makassar. Skripsi. Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.