ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA EKONOMI MATERI INTEGRAL PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Hendri Prasetyo
  • Maghfiroh Yanuarti

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v4i1.9145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal uraian pada materi integral dengan menggunakan prosedur newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 02SMJM007 program studi manajemen Universitas Pamulang tahun akademil 2019/2020. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis dengan menggunakan prosedur newman dan wawancara terhadap beberapa mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa melakukan (1) kesalahan membaca sebesar 0% karena tidak terdapat mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam membaca soal, (2) Kesalahan pemahaman disebabkan oleh faktor ketidakpahaman mahasiswa mengenai kaidah-kaidah integral ataupun lupa mengenai kaidah-kaidah yang terdapat dalam materi integral, (3) Kesalahan Transformasi disebabkan mahasiswa tidak merubah persamaan integral dengan menggunakan rumus umum integral. Kemudian ada beberapa mahasiswa yang kurang tepat dalam mensubstitusikan batas integral kedalam variabel x pada soal integral tertentu, (4) Kesalahan Ketrampilan Proses disebabkan mahasiswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan sehingga akan berpengaruh terhadap hasil akhir jawaban, (5) Kesalahan Pengkodean disebabkan pada akhir jawaban mahasiswa salah menuliskan jawaban  yang semestinya.

 

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, prosedur kesalahan newman, Matematika Ekonomi materi integral

References

Abdulrahman, Mulyono. 2011. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rieneka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta

Erma monariska. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Integral. Journal Analisa. 5(1). 9 – 19.

Hamzah B. Uno. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Ilham Rais Arvianto. 2017. Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Gaya Kognitif pada Matakuliah Matematika Informatika. Journal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1). 36-47

Matondang. (2009). Validitas dan Reliabilitas suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa. 6(1). 87 – 97.

Newman, M.A. 1983. Strategi for Diagnosis and Remediation. Sydney : Har Court, Brace Jovanovich.

Newman, M. A. 1977. An Analysis of Sixth-Grade Pupils Errors on Written Mathematical Tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin. 39. 31-34.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dan Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzz Media.

Retnawati. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Parama Publishing.

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Kartasura : Fairuz Media

Zurdafrial dan lahir. 2012. Penelitian Kualitatif. Surakarta : Yuma Pustaka.

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles