Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Nest Family Reflexology & SPA Summarecon Bekasi
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui kualitas pelayanan serta loyalitas pelanggan dan pengaruhnya kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Tempat yang di ambil untuk penelitian ini adalah Nest Family Reflexology & Spa Summarecon Bekasi pada bidang jasa perawatan spa. Penelitian yang dilakukan di bulan Agustus – Oktober 2022.
Metode penelitian kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. target pasar untuk pendekatan sampling aksidental Nest Family Reflexology & Spa Summarecon Bekasi dengan jumlah sampel 95 klien. Dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan pendekatan wawancara, data dikumpulkan. Analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien (uji t) merupakan teknik analisis data yang digunakan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan dan loyalitas pelanggan beresonansi pelanggan dan hasil regresi sederhana variabel kualitas pelayanan (X) dan hasil yang dihasilkan loyalitas pelanggan (Y) Y = 1,967 0,930X. Hasil koefisien korelasi product moment diperoleh r-value 0,789. Artinya, seperti yang terlihat dari tabel interpretasi koefisien korelasi berada pada tingkat asosiasi yang kuat dengan interval 0,60-0,799. Tanda koefisien determinasi menjadi 62,25% untuk CD, hal ini membuktikan bahwa Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 62,25 n Sisanya sebesar 37,75% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dan maju nilai t yang diperoleh dari uji signifikansi koefisien (uji t) lebih besar dari t tabel, 20,15 > 1,661 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sepertinya bahwa terdapat pengaruh antara kualitas layanan Nest dengan loyalitas pelanggan Refleksi Keluarga dan Rangkuman Spa BekasiReferences
Alma Buchari 2007 Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung : ALfabeta
Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, Nomor 2 hlm. 114-126
Arif Muhtosim, 2006, Manajemen Pemasaran, Klaten: PT. Indeks Kelompok Media
Bitner dan Boom, 2010 Sistem Informasi Manajemen, Bandung : Pustaka Binaman Pessindo
Coulter dan Robbins , 2010 Consumer BehaviorÃ, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat
Coulter Merry dan P. Robbins Stephen 2010 Consumer BehaviorÃ, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat
Diana Anastasia dan Tjiptono Fandy 2007 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Fandy Tjiptono, 2008 Perilaku Konsumen,Edisi Keenam, Jakarta: Binapura Aksara
Gaspersz Vincent, 2009 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Gronroos, 2005 Service Management Marketing, New York: Wiley
G.R Terry, 2008 Principles of Management, Jakarta: PT Bumi Aksara
Griffin Jill,2005, Customer Loyality, Edisi Revisi Jakarta: Erlangga
Handoko, 2008 Manajemen Personalian dan Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 4, Yogyakarta: BPEE
Haruna Sakito, 2007 Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hill dan Lauren K. Wright, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa Alih Bahasa Agus Widyantono, Jakarta: Cetakan Kedua
Julian Cummins. 2010. Promosi Penjualan. Tangerang: Binarupa Aksara
J. Stanton Wiliam, 2008 Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta:Erlangga
Kasmir. 2008 Bank dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta: PT. Rajagrapindo Persada Khoirunnisa
Kotler, Philip 2010 Service Management, Yogyakarta: Andi
Kotler, Philip dan Armstrong, Grey. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Yogyakarta: Andi
Kotler, Philip & Kevin L. Keller. 2009. Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Lane Keller, Kevin dan Kotler Philip 2008, Manajemen Pemasaran edisi kedua belas jilid dua, Jakarta: Indeks
Muhidin Ali, Sambas 2013. Riset pemasaran. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Uta Kotler Philip (2008) Manajemen Pemasaran edisi kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Index
Parasuraman, A, V.A. Zeithaml danL.L Berry, 1985, A conceptual model of service quality and its implication Journal of Marketing, Vol. 49 No 3
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).