Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Nest Family Reflexology & SPA Summarecon Bekasi

Authors

  • Sela Novitasari Universitas Pamulang
  • Fanny Adinda Putri Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui kualitas pelayanan serta loyalitas pelanggan dan pengaruhnya kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Tempat yang di ambil untuk penelitian ini adalah Nest Family Reflexology & Spa Summarecon Bekasi pada bidang jasa perawatan spa. Penelitian yang dilakukan di bulan Agustus – Oktober  2022.

Metode penelitian kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. target pasar untuk pendekatan sampling aksidental Nest Family Reflexology & Spa Summarecon Bekasi dengan jumlah sampel 95 klien. Dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan pendekatan wawancara, data dikumpulkan. Analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien (uji t) merupakan teknik analisis data yang digunakan.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan dan loyalitas pelanggan beresonansi pelanggan dan hasil regresi sederhana variabel kualitas pelayanan (X) dan hasil yang dihasilkan loyalitas pelanggan (Y) Y = 1,967 0,930X. Hasil koefisien korelasi product moment diperoleh r-value 0,789. Artinya, seperti yang terlihat dari tabel interpretasi koefisien korelasi berada pada tingkat asosiasi yang kuat dengan interval 0,60-0,799. Tanda koefisien determinasi menjadi 62,25% untuk CD, hal ini membuktikan bahwa Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 62,25 n Sisanya sebesar 37,75% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dan maju nilai t yang diperoleh dari uji signifikansi koefisien (uji t) lebih besar dari t tabel, 20,15 > 1,661 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sepertinya bahwa terdapat pengaruh antara kualitas layanan Nest dengan loyalitas pelanggan Refleksi Keluarga dan Rangkuman Spa Bekasi

References

Alma Buchari 2007 Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung : ALfabeta

Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, Nomor 2 hlm. 114-126

Arif Muhtosim, 2006, Manajemen Pemasaran, Klaten: PT. Indeks Kelompok Media

Bitner dan Boom, 2010 Sistem Informasi Manajemen, Bandung : Pustaka Binaman Pessindo

Coulter dan Robbins , 2010 Consumer Behaviorí, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat

Coulter Merry dan P. Robbins Stephen 2010 Consumer Behaviorí, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat

Diana Anastasia dan Tjiptono Fandy 2007 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Fandy Tjiptono, 2008 Perilaku Konsumen,Edisi Keenam, Jakarta: Binapura Aksara

Gaspersz Vincent, 2009 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Gronroos, 2005 Service Management Marketing, New York: Wiley

G.R Terry, 2008 Principles of Management, Jakarta: PT Bumi Aksara

Griffin Jill,2005, Customer Loyality, Edisi Revisi Jakarta: Erlangga

Handoko, 2008 Manajemen Personalian dan Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 4, Yogyakarta: BPEE

Haruna Sakito, 2007 Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hill dan Lauren K. Wright, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa Alih Bahasa Agus Widyantono, Jakarta: Cetakan Kedua

Julian Cummins. 2010. Promosi Penjualan. Tangerang: Binarupa Aksara

J. Stanton Wiliam, 2008 Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta:Erlangga

Kasmir. 2008 Bank dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta: PT. Rajagrapindo Persada Khoirunnisa

Kotler, Philip 2010 Service Management, Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip dan Armstrong, Grey. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. 2009. Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lane Keller, Kevin dan Kotler Philip 2008, Manajemen Pemasaran edisi kedua belas jilid dua, Jakarta: Indeks

Muhidin Ali, Sambas 2013. Riset pemasaran. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Uta Kotler Philip (2008) Manajemen Pemasaran edisi kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Index

Parasuraman, A, V.A. Zeithaml danL.L Berry, 1985, A conceptual model of service quality and its implication Journal of Marketing, Vol. 49 No 3

Downloads

Published

2023-10-14