Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Klinik Kusuma Beauty
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Adapun Tempat yang di ambil untuk penelitian ini adalah Klinik Kusuma Beauty.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 98 responden. Metode deskriptif menggambarkan biografi objek penelitian dan menggunakan instrumen penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Adapun penerapan metode kausal dalam penelitian ini adalah menjelaskan apakah kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Klinik Kusuma Beauty. Analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien uji t dan uji F merupakan teknik analisis data yang digunakan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk mengetahui besarnya hubungan dari kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama (simultan) terhadap loyalitas pelanggan dapat diketahui sebesar 0,882 x 100% = 88,2%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek mampu menjelaskan loyalitas pelanggan sebesar 0,882 atau 88,2% dan sisanya sebesar 11,8% disebabkan oleh faktor yang lain yang tidak diteliti. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dan terdapat pengaruh signifikan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Dengan demikian kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek dan Loyalitas Pelanggan
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Firanazulah, Vinny Dwi Rahim Safavi, Anggi Nadia Jeni Saputri dan Ajat Sudrajat. 2021. Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. AKUNTABEL 18 (1), 2021 1-9.
Ghozali. 2016. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryantini. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek di Stasiun Depok Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 03, No. 1, Oktober 2019
Henard dan Szymanski. 2015. Marketing Research: An Applied Orientation. 4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 6. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Lane, Kevin. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Nyonyie, Riska Asnawi, J.A.F. Kalangi dan Lucky F. Tamengkel. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 9, No. 3, 2019.
Oktadiani, Olivia Dinar dan Laily, Nur. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fashion Uniqlo di Tunjungan Plaza Mall. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 9, Nomor 1, Januari 2020.
Olivia, Gegahertzy Rindo dan Ngatmo. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Maybelline di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. X, No. I Tahun 2021.
Oliver, Richard. 2014. Satisfaction, A behaviour Perspective on The Customer. New York: Mc Graw-Hill. Companies Inc.
Orniati, Yuli. 2016. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia FE-UII.
Perkasa, Alfin Dana. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna Eiger Universitas Hasyim Asy’ari). BIMA: Journal of Business and Innovation Management Volume 1 Nomor 3, Juni 2019, Halaman 257-267.
Prasetyo, Dicky Wahyu dan Murti, Wahyu. 2021. Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Mediasi PT. Matahari Departemen Store. Jurnal Manajemen FE-UB Vol. 9, No. 2, Oktober 2021.
Situmeang, Rosinta Romauli, Yuwanndy, Veronika dan Cindy Yeohan. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Fatona Jaya Sukses. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 4 No. 3, 2020.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
----------. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jilid ke - 2. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, 2017. Service Management, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein, 2015. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widiyanto, Rahmat, Wahono Sumaryono dan Djoharsjah. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Majalah Farmaseutik Vol. 16 No. 1: 64-73, 2020.
www.bps.go.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).