ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN PRODUK SUPLEMEN PT. GREEN WORLD GLOBAL PADA E-MARKETPLACE
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2949Abstract
Peramalan merupakan hal sangat penting dalam dunia usaha untuk mengetahui kelajutan diwaktu mendatang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana pola data penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace dari Januari 2016 - Juli 2017, untuk mengetahui metode peramalan kuantitatif apakah yang paling sesuai untuk meramalkan jumlah penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace dari Januari 2016 sampai Juli 2017, dan untuk mengetahui peramalan penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace untuk 15 bulan mendatang dengan menggunakan metode kuantitatif terbaik. Metode penelitian yaitu metode survei. Hasil penelitian yaitu pola data penjualan tren naik. Analisis penjualan keseluruhan penjualan pada e-marketplace lebih sesuai dengan metode peramalan Penghalusan Eksponensial Ganda (Double Exponentian Smoothing) yang memiliki nilai MSE terkecil (50,0011) dibandingkan dengan metode peramalan lainnya. Hasil peramalan penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace dari Januari 2016 sampai Juli 2017 cukup bervariasi. Peramalan penjualan pada tokopedia dan bukalapak mengalami peningkatan dimana hasil ramalan tertinggi terdapat pada periode 15 dengan penjualan 31 produk di tokopedia dan 28 produk di bukalapak. Ramalan penjualan di blibli menunjukkan angka yang tetap dari periode 1 hingga 15 yaitu 17 produk. Hasil ramalan penjualan secara keseluruhan pada e-marketplace mengalami peningkatan dimana hasil ramalan tertinggi terdapat pada periode 15 dengan penjualan 81 produk.
Kata kunci: Eksponensial Ganda, pola data
References
Heeren, Rick, (2010), Marketplace Miracle, Andi Publisher, Yogyakarta
Makridakis, Spyros, Steven C, Wheelwright, and Victor E, (1999), Metode Aplikasi Dan Peramalan, Edisi I, Erlangga, Jakarta.
Mishra, Kamala Kanta, http://www.datasciencecentral.com/profiles/blogs/ selecting-forecasting-methods-in-data-science, Februari, 2017
Pratama, I Putu Agus Eka, (2015), E-Commerce E-Business Dan Mobile Commerce, Informatika, Bandung.
Riyanto, Teguh, https://zahiraccounting.com/id/blog/mengenal-marketplace-kelebihan-dan-kekurangannya/, Desember, 2015
Santoso, Singgih, (2009), Business Forecasting : Metode Peramalan Bisnis Masa Kini dengan Minitab dan SPSS, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Subagyo, Pangestu, (2013), Forecasting Konsep dan Aplikasi, Cetakan I, BPFE, Yogyakarta.
Yanto, Apri, https://id.techinasia.com/talk/populernya-situs-marketplace-di-indonesia, Februari, 2016
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).