ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN PRODUK SUPLEMEN PT. GREEN WORLD GLOBAL PADA E-MARKETPLACE

Authors

  • Andi Nur Rahman Universitas Pamulang
  • Gerry Sastro Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2949

Abstract

Peramalan merupakan hal sangat penting dalam dunia usaha untuk mengetahui kelajutan diwaktu mendatang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana pola data penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace dari Januari 2016 - Juli 2017, untuk mengetahui metode peramalan kuantitatif apakah yang paling sesuai untuk meramalkan jumlah penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace dari Januari 2016 sampai Juli 2017, dan untuk mengetahui peramalan penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace untuk 15 bulan mendatang dengan menggunakan metode kuantitatif terbaik. Metode penelitian yaitu metode survei. Hasil penelitian yaitu pola data penjualan tren naik. Analisis penjualan keseluruhan penjualan pada e-marketplace lebih sesuai dengan metode peramalan Penghalusan Eksponensial Ganda (Double Exponentian Smoothing) yang memiliki nilai MSE terkecil (50,0011) dibandingkan dengan metode peramalan lainnya. Hasil peramalan penjualan produk suplemen Green World pada e-marketplace dari Januari 2016 sampai Juli 2017 cukup bervariasi. Peramalan penjualan pada tokopedia dan bukalapak mengalami peningkatan dimana hasil ramalan tertinggi terdapat pada periode 15 dengan penjualan 31 produk di tokopedia dan 28 produk di bukalapak. Ramalan penjualan di blibli menunjukkan angka yang tetap dari periode 1 hingga 15 yaitu 17 produk. Hasil ramalan penjualan secara keseluruhan pada e-marketplace mengalami peningkatan dimana hasil ramalan tertinggi terdapat pada periode 15 dengan penjualan 81 produk.

Kata kunci: Eksponensial Ganda, pola data

Author Biographies

Andi Nur Rahman, Universitas Pamulang

Dosen matematika FMIPA Unpam

Gerry Sastro, Universitas Pamulang

Dosen Matematika FMIPA Unpam

References

Heeren, Rick, (2010), Marketplace Miracle, Andi Publisher, Yogyakarta

Makridakis, Spyros, Steven C, Wheelwright, and Victor E, (1999), Metode Aplikasi Dan Peramalan, Edisi I, Erlangga, Jakarta.

Mishra, Kamala Kanta, http://www.datasciencecentral.com/profiles/blogs/ selecting-forecasting-methods-in-data-science, Februari, 2017

Pratama, I Putu Agus Eka, (2015), E-Commerce E-Business Dan Mobile Commerce, Informatika, Bandung.

Riyanto, Teguh, https://zahiraccounting.com/id/blog/mengenal-marketplace-kelebihan-dan-kekurangannya/, Desember, 2015

Santoso, Singgih, (2009), Business Forecasting : Metode Peramalan Bisnis Masa Kini dengan Minitab dan SPSS, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Subagyo, Pangestu, (2013), Forecasting Konsep dan Aplikasi, Cetakan I, BPFE, Yogyakarta.

Yanto, Apri, https://id.techinasia.com/talk/populernya-situs-marketplace-di-indonesia, Februari, 2016

Downloads

Published

2019-08-06

Issue

Section

Articles