HIMPUNAN CANTOR 𝟏/𝟐𝒎−𝟏 YANG DIPERUMUM

Authors

  • Khairunnisa Fadhilla Ramdhania Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Pilipus Neri Agustima Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Pahoa

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v2i2.5266

Keywords:

himpunan, himpunan Cantor, himpunan takterhubung total, himpunan kompak

Abstract

Himpunan Cantor ditemukan oleh Henry John Stephen Smith pada tahun 1874 dan diperkenalkan oleh George Cantor pada tahun 1883. Himpunan Cantor merupakan himpunan dari irisan semua interval tutup yang memiliki sifat-sifat yang khusus. Dalam tulisan ini, akan diperlihatkan bentuk himpunan Cantor 1 5 , 1 7 , …. Kemudian, akan dibuktikan bahwa himpunan Cantor 1/2ð‘šâˆ’1 , dengan 2 ≤ ð‘š < ∞, yang diperumum merupakan himpunan Cantor, dengan mengonstruksi dan menunjukkan bahwa himpunan ini memenuhi definisi himpunan Cantor, yaitu dengan mencari berapa banyak dan panjang setiap himpunan tutup yang termuat, dan panjang total dari interval tutup yang tersisa dalam setiap langkah proses konstruksi, serta panjang total dari partisi yang dibuang dari himpunan tersebut. Selain itu, akan ditunjukkan pula himpunan Cantor 1/2ð‘šâˆ’1 yang diperumum memiliki sifat khusus, yakni merupakan himpunan kompak, takterhubung total, tidak padat dimana-mana, dan takterhitung.

Author Biography

Khairunnisa Fadhilla Ramdhania, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Program Studi Teknik Informatika

References

Davis, T. M. (2005). Topology. Singapore: Mc Graw Hill.

Khan, M. S., & Islam, M. S. (2013). An Exploration of Generalized Cantor Set. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(7), 50.

M.J Islam, M. I. (2011). Generalized Cantor Set and Its Fractal Dimension. Journal Scientific and Industrial Research, 499-506

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles