PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA SAMPURNA LAUNDRY

Authors

  • Andri Priadi Universitas Pamulang
  • Styo Budi Utomo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13411

Keywords:

kualitas pelayanan, promosi dan kepuasan pelanggan

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan. “Metode penelitian ini dipilih terutama karena terbatasnya waktu, biaya dan tenaga yang penulis miliki, sehingga masalah ini penulis berharap dapat meneliti aspek-aspek spesifik dari suatu keadaan secara mendalam, dalam hal ini adalah aspek pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelangganâ€. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,506â€. “Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel kualitas pelayanan dan promosi menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel kepuasan pelanggan†pada sampurna laundry sebesar 38,6%. “Sedangkan sisanya 61,4% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, nilai F hitung sebesar 14,056, sedangkan nilai F tabel sebesar 3,11 pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05â€. “Hal ini mengindikasikan bahwa nilai hasil penelitian menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian secara serempak kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sampurna laundr dan persamaan 3,782 + 0,349 X1 + 0,368 X2 artinya ada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa kualitas pelayanan dan promosi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan sampurna laundryâ€.

Published

2021-10-08

How to Cite

Priadi, A., & Utomo, S. B. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA SAMPURNA LAUNDRY. JURNAL SeMaRaK, 4(3), 30–44. https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13411