PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU (

Authors

  • Andri Priadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2260

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mencari pengaruh kecerdasan intelektual terhadap kinerja guru, kecerdasan emosional pada kinerja guru, kecerdasan spiritual pada kinerja guru dan variabel bebas secara bersamaan terhadap ariabel terikat. Dalam hal ini, penulis memakai cara penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriftif korelasional yang bersifat meneliti hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Metode penelitian ini dipilih terutama karena terbatasnya waktu, biaya dan tenaga yang penulis miliki, sehingga masalah ini penulis berharap dapat meneliti aspekaspek spesifik dari suatu keadaan sosial secara mendalam. Hasil nilai determinasi yaitu 0,266. Ini memperlihatkan bahwa kemampuan ketiga bebas menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel terikat adalah sebesar 26,6%. Sedangkan 73,4% dari variabel yang tidak diteliti. Nilai F-Hitung 12,744, dan nilai F-tabel adalah 2,68 dengan keakuratan 95% atau α = 0,05. Dengan demikian, nilai akhir penelitian menolak Ho dan menerima Ha. Jadi, ketiga ariabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dan persamaan Y = 12,097 + 0,313X1 + 0,026X2 + 0,362X3 artinya ada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa ketiga variabel bebas memiliki kemampuan untuk memengaruhi variabel terikat kinerja.
Kata kunci : kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan spiritual dan kinerja guru

Published

2018-10-15

How to Cite

Priadi, A. (2018). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU (. JURNAL SeMaRaK, 1(3), 62–77. https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2260