EDUKASI INVESTASI GENERASI MILENIA BAGI SISWA SMKS PGRI 3 KOTA SERANG

EDUKASI INVESTASI GENERASI MILENIA BAGI SISWA SMKS PGRI 3 KOTA SERANG

Authors

  • iroh rahmawati Universitas Pamulang

Keywords:

Investasi, Generasi Milenial, Edukasi

Abstract

Generasi milenial saat ini menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang unik dalam hal investasi. Edukasi investasi generasi milenial khususnya bagi siswa SMK PGRI 3 di Kota Serang sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada generasi milenial, khususnya siswa SMK, mengenai konsep, praktik investasi, dan manajemen keuangan pribadi agar mereka dapat mengambil keputusan finansial yang lebih bijak di masa depan. Peningkatan investor muda perlu diimbangi dengan pengetahuan dan pemahaman literasi keuangan yang kuat. Sebab, tingkat literasi keuangan dan strategi investasi kalangan milenial tergolong rendah. Riset dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan tingkat literasi milenial usia 18-25 tahun hanya 32,1 persen. Sementara pada milenial usia 25-35 tahun sebesar 33,5 persen. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini penyuluhan dan diskusi kelas, permainan simulasi investasi, dan studi kasus. Ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih praktis dan interaktif kepada siswa. Hasil dari kegiatan PKM ini bahwa edukasi investasi yang terstruktur dan komprehensif efektif dalam meningkatkan literasi keuangan dan kesiapan investasi generasi milenial. Rekomendasi diberikan untuk implementasi program serupa di sekolah-sekolah lain guna mendukung pengembangan literasi keuangan di kalangan generasi muda.

References

Astrianingsih, Fenti. 2017. Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa Jurusan Akuntansi Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara Dalam Rangka Menghasilkan Tenaga Kerja Profesional Tingkat Menengah.

Arif, Kashif. (2015). Financial Literacy and Other Factors Influencing Individuals’ Investment Decision: Evidence from A Developing Economy (Pakistan). Journal of Poverty, Investment and Development, Vol. 12.

Ateş, Sinem; Coşkun, Ali; Şahin, M. Abdullah & Demircan, M. Levent. (2016). Impact of Financial Literacy on The Behavioral Biases of Individual Stock Investors: Evidence from Borsa Istanbul. Business and Economics Research Journal, Vol. 7, No. 3, Pp. 1- 19.

Badan Pusat Statistik (2020). Berita Resmi Statistik No. 07/01/Th.XXIV, 21 Januari 2020. Dill, K. (2015). 7 Things Employers Should Know About the Gen Z Workforce, Forbes Magazin, 11.6.

Retrieved March 16, 2016. Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Henny Wirianata, 2017. Kompetensi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Dunia Kerja Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Murniati dan Usman, Nasir. 2009. Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Kejuruan. Bandung: CV. Perdana Mulya Sarana.

Downloads

Published

2024-09-02

Issue

Section

Articles