Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi dan Kedudukan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Sistem Hukum Nasional dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) di Kelas VIII 9 SMP Negeri 11 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Yarni Yarni SMPN 11 Tangerang Selatan

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada Materi Fungsi dan Kedudukan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Sistem Hukum Nasional di kelas VIII 9 SMP Negeri 11 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 11 Tangerang Selatan adalah aktivitas siswa pada pra siklus mencapai rata-rata (71,18 %), pada siklus I mencapai rata-rata (84,37 %) dan siklus II mencapai rata-rata (93,75 %). Model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada Pra siklus mencapai rata-rata (67,05%) kemudian pada siklus I mencapai rata-rata (74,11%) dan siklus II mencapai rata-rata (84,74%). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Fungsi dan Kedudukan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Sistem Hukum Nasional†pada 34 siswa kelas VIII 9 di SMP Negeri 11 Tangerang Selatan. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar; Fungsi dan Kedudukan UUD 1945 Dalam Sistem Hukum Nasional; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share).

References

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktoral Jendral

Pendidikan Tinggi Depdiknas

Arikunto, Suharsimi, 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati ,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta dan

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.

Elvanah, Handini Fian. 2009. Penerapan Metode Kooperatif Think Pair Share pada Mata

Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi di SMP Negeri 6 Malang). Skripsi,

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIP Universitas Negeri Malang.

Gunawan, Heri Indra, 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri,

Purwokerto: Pena Persada.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.

Jogiyanto, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : Universitas Negeri Malang.

Kismanto, 2008. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Pendekatan Struktural “think

pair shareâ€

Nasution. S (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka

Cipta.

Oemar Hamalik (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rohman, N. 1997. Konsep Dasar PTK. Bandung : IKIP Bandung

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Yarni, Y. (2022). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi dan Kedudukan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Sistem Hukum Nasional dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) di Kelas VIII 9 SMP Negeri 11 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Wiyatamandala, 2(2), 146–153. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/23633