Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA 4 Semester Genap SMA Negeri 1 Palopo Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas tujuannya untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA 4 semester genap SMA Negeri 1 Palopo Tahun Ajaran 2021/2022. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 36 orang siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh pada siklus I adalah 80,0; nilai terendah 40,0; dan nilai rata-rata 61,48. Dari 36 orang yang mengikuti pembelajaran sistem ekskresi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT), pada siklus I, siswa yang berada pada kategori tinggi sekali; 0%, yang pada kategori tinggi sebanyak 1 orang siswa dengan persentase 2,78%, yang berada pada kategori sedang, sebanyak 24 orang siswa dengan persentase 66,66%. yang kategori rendah, sebanyak 11 orang siswa dengan persentase 30,56% dan siswa pada kategori sangat rendah; 0%. Pada siklus II; nilai tertinggi; 93,33 nilai, terendah; 73,33 dan nilai rata-rata; 82,41. Dari 36 orang siswa yang mengikuti pembelajaran materi sistem ekskresi dengan model kooperatif tipe number head together (NHT), 8,33% dikategorikan tinggi sekali, 80,56% dikategorikan tinggi; 11,11% dikategorikan sedang; 0% dikategorikan rendah, dan rendah sekali; 0%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) pada materi Sistem Ekskresi berpengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar Siswa.
Kata kunci : Model Number Head Together; aktivitas; hasil belajar.
References
Afiyah, LS.2016. Model Pembelajaran Number Head Together.
https://luluksafiyah.wordpress.com/2016/02/22/model-pembelajaran-numbered-headtogether-nht/
Aminah, S. 2018. “Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2016/201716/2017â€.
https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1029/1/SKRIPSI%20SITI%20AMINAH%201289251.pdf.
Anita, Lie. 2021. Cooperative Learning. Cetakan ketujuh. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Dadang, Wino Hocky Octavia. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kleas V MI Miftahul Hudo Bacem Sutojayan Blitar. http://repo.uinsatu.ac.id/2979/
Gunawan, Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada.
Gunawan, Hendra. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Alat Ukur Di SMK Piri Slemanâ€.
https://eprints.uny.ac.id/37520/1/Hendra%20Gunawan%2008503244008.pdf
Isjoni, 2019. Cooperative Learning. Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Cetakan 9.Penerbit Alfabeta. Bandung.
Marlena, M. 2021 “ Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu http://repository.iainbengkulu.ac.id/5938/1/Skripsi%20Mela.pdf
Rizkiah, Putri. 2020. “Penerapan Model Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMP Negeri 7 Banda Acehâ€.
https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/12249/1/Putri%20Rizkiah%2C%20150201053%2C%20PAI
%2C%20FTK%2C%20082369973600.pdf
Ulfah, J. 2019. “Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Strategi Number Head Together berbantu Media Gambar Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di Kelas V SDN Purwodadi Simpang Tanjung Bintang Tahun Pelajaran 2018/2019â€. http://repository.radenintan.ac.id/6796/1/skripsi.pdf
Wianti, A. 2010. “Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan Gombong Kabupaten Sleman. http://lib.unnes.ac.id/2935/1/6497.pdf.
Winarti, R. 2015. “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achiement Division) Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MI MiftahulKhair Tangerangâ€.