Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Melalui Kuis Singkat Pada Akhir Pertemuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan lingkaran sebagai efek dari pelaksanaan kuis singkat di setiap akhir pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang yang melaksanakan empat fase dalam penelitian yaitu perencanaan, tindakan, obserasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Cirebon. Instrumen peneliian ini adalah angket, dan tes formatif. Angket digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar, dan tes formatif digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa, tindakan pada siklus III telah berhasil menurunkan banyaknya siswa yang di bawah KKM menjadi 12,5%, berada di bawah 15% yang menjadi indikator jumlah maksimal siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Untuk angket motivasi akhir, rata-rata skor motivasinya meningkat menjadi 37 dengan prosentase 73,31%, dan ini pun berada dalam katagori “Baikâ€. Dengan demikian, penggunaan kuis di akhir pertemuan berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran.
Kata Kunci: Motivasi; Hasil Belajar; Kuis Singkat; Lingkaran
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Amirono & Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013.Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
A Azmidar*, D Darhim and J A Dahlan. 2017. Enhancing Students’ Interest through Mathematics Learning. Azmizar International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE). Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan dan Oleh Pemerintah. Jakarta: Depdikbud.
Gunawan, Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada.
Handoko, T. Hani, (1992). Manajemen personal dan sumber daya manusia, edisi kedua, cetakan ke empat. Penerbit yogyakarta: UGM
Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Suprihatin. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Metro.
Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Rineka Cipta.