Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX 4 Tentang Materi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di SMP Negeri 11 Tangerang Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode pebelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 4 di SMPN 11 Tangerang Selatan dengan nilai rata-rata kelas yang masih rendah atau kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) khususnya pada materi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa sebesar 78,12%. Kemudian pada siklus II tingkat aktivitas belajar siswa meningkat yaitu sebesar 90,62%. Hal ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran mengunakan metode kooperatif tipe TAI. Nilai rata-rata hasil belajar pada pre test siklus I sebesar 64,30% dan nilai rata-rata post test siklus I sebesar 70,85% dan post test siklus II sebesar 81,34%. Masing-masing nilai rata-rata hasil belajar siswa pada post test dan pos test siklus I dan II mengalami kenaikan. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan disetiap siklusnya.
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI)
References
Abdul Gafur. 2006. Classroom Action Research (CAR). Makalah disampaikan dalamuji coba model pembelajaran PPKn. Senin, 18 September 1986..
Anita Lie. 2004.Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Gunawan, Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada.
Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : SinarBaru.
Rochiati Wiriaatmadja, 2009. Metode Penelitian Tinakan Kelas Untuk Meningkatkan kinerja Guru Dan Dosen. Bandung : Rosdakarya
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert. 2005. Penerjemahan Nurlita dari Cooperative Learning Theory,Research and Practice. Bandung : Nusa Media.
Suharsimi Arikunto, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi