Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Mengembangkan RPP Berdiferensiasi Melalui Bimbingan Pelatihan Secara Virtual Zoom Meeting di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru pada SMP Binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2022

Authors

  • Suroso Suroso Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatan kompetensi guru bahasa Inggris dalam mengembangkan RPP Berdiferensiasi melalui Bimbingan Pelatihan Secara Virtual Zoom Meeting Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pada SMP Binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah yang diadopsi dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terhadap keaktifan guru dalam mengikuti Bimbingan Pelatihan dan menilai hasil pengembangan RPP Berdiferensiasi.Pada akhir penelitian peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan RPP Berdiferensiasi melalui Bimbingan Pelatihan diperoleh kriteria penilaian dengan katagori Sangat Baik, hal ini dibuktikan pada siklus satu nilai rata-rata kompetensi guru dalam pengembangan RPP Berdiferensiasi sebesar 73,35 dan siklus dua 86,15 dengan peningkatan sebesar 12,8 point. Pada tingkat aktivitas guru terdapat peningkatan sebesar 29,01 % dari siklus satu ke siklus dua ,data hasil siklus satu sebesar 64,65 % dan siklus dua 93,66 %. artinya guru sudah mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi dengan mengembangan RPP Berdiferensiasi melalui Bimbingan Pelatihan dengan katagori Sangat Baik.Maka upaya meningkatkan kompetensi guru bahasa Inggris dalam mengembangkan RPP Berdiferensiasi melalui Bimbingan Pelatihan pada SMP Binaan Kota Tangerang Selatan mengalami peningkatan yang Sangat Baik.

Kata Kunci: Kompetensi Guru; Pengembangan RPP Berdiferensiasi ;Bimbingan Pelatihan

References

Alfaris, Sujoko. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur. 11 (18): 27-39 Diunduh 17 Februari 2022

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dkk, (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Drayton, Scott, (2013). The Advantages and Disadvantages of In-House Training, diunduh dari http://www.businesszone.co.uk/community-voice/blogs

Gunawan. Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada.

Ilham, Lukman. 2010. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikanâ€. Diakses tanggal 2 Maret 2017(digilib. unm.ac.id /.../

universitas%20negeri%20makassar-digilib-unmlukmanilha-268-...),Diunduh18 April 2022

Kunandar,(2011).Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas Sebagai Penegembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

L.R. Gay & Peter Airasian. (2000). Educational Research, Competencies for & Analysis Application Sixth Edition, Figure Model.

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslich, M. (2008). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan: Dasar Pengembangan dan Pemahaman. Jakarta: Grafindo

Nawawi, H. (1983). Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan. Penerbit: Jakarta: Ghalia Indonesia

Nyoman Sri Darmayanti, 2021, Modul-21-Pembelajaran Berdiferensiasi, Diunduh dari

https://www.sahabatsains.com/2021/02/ tanggal 04 April 2022

Rahmawati, 2021,Eksplorasi-Konsep-Modul-2-1-Pembelajaran-Berdeferensiasi, diunduh dari

https://blograhmawati.com/2021/07/07/ tanggal 04 April 2022

Sagala, H. Syaiful, (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin, (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana, (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Theresia Sri Rahayu. ( 2021): Contoh RPP Berdiferensiasi) diunduh dari https:// www.cikgutere.

com/2021/02/contoh-rpp-berdiferensiasi.html tanggal 5 April 2022

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Warsita,Bambang, (2008) Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinnya, Jakarta : Rineka Cipta

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang No.14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

--------Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses

--------Permendiknas RI No.16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

--------Permendikbud No 53 Tahun 2015 Tentang Panduan Penilian Untuk Sekolah Menengah Pertama

--------Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Persiapan Pembelajaran

--------Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas. 2008. Panduan Penyelengaraan Program Rinstisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Suroso, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Mengembangkan RPP Berdiferensiasi Melalui Bimbingan Pelatihan Secara Virtual Zoom Meeting di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru pada SMP Binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Wiyatamandala, 2(2), 195–215. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/23638