Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Autis Melalui Penerapan Terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card Glenn Doman Di Skh Negeri 01 Cilegon Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Suratmi Suratmi SKh Negeri 01 Cilegon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) dalam proses pembelajaran dan perkembangan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran flash card Glenn Doman dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak autis kelas III SDLB di Sekolah Khusus (SKh) Negeri 01 Cilegon. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDLB Sekolah Khusus (SKh) Negeri 01 Cilegon berjumlah 3 orang. Data penelitian diperoleh dengan mengunakan instrumen tes, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil perhitungan kuantitatif terdapat perbedaan nilai rerata 49 dengan peningkatan sebesar 21 (0,61%) dari nilai pretes. Pada hasil tes siklus ke II meningkat menjadi 90 dari hasil tes siklus I sebesar 72, artinya terdapat peningkatan sebesar 40(1,12%). Artinya terdapat peningkatan sebesar 0,51%. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui terapi ABA dengan menggunakan media pembelajaran flash card Glenn Doman dapat meningkatkan kemampuan membaca anak auitis kelas III SDLB di SKh Negeri 01 Kota Cilegon.

Kata kunci: kemampuan membaca; terapi ABA (Applied Behaviour Analysis); media pembelajaran flash card Glenn Doman.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003, Pendidikan Bagi Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Aris, Sudiyanto. 2001. “Gangguan Perkembangan Anak Autisâ€. Seminar Sehari

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Prees

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta. Rineka Cipta

_______,Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian tindakan kelas. Jakarta PT.Bumi Aksara

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Barlow, David H dan V Mark Durand. 2007. Intisari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Danuatmaja, Bonny. 2003. Terapi Anak Autis Di Rumah. Jakarta: Puspa Suara

Derek, Wood, dkk. 2005. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. Yogyakarta : Kata Hati

Depdiknas. 2006 . Kurikilum Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Departemen Pendidikan Nasional

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka

Doman, Glenn. 2006. Bagaimana mengajar bayi anda membaca sambil bermain. Jakarta: The Gentle Revolution Press

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Gunawan. Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada.

Gayatri, Pamoedji. 2007. Seputar Autisme Jakarta: Gramedia

Gina, Green. 2008. Autism and ABA. Jakarta: Gramedia

George Boeree. (2006). Personality theories, melacak kepribadian anda bersama psikolog dunia. Diterjemahkan oleh Inyiak Ridwan Mudzir. Jakarta; Prismasophie

Handojo. 2008. Autisme Pada Anak. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

__________2006. Autisme (Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain). Jakarta: PT.Buana Ilmu Populer.

Hadis, A. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Jakarta. Alfabeta.

Hujair, A.H Sanaky. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kaukaba

House. 2005. An Intoduction To Teaching English To Children. London. Ricmond Publishing

Idrus, Fahmi. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Greisinda Press

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press

Johnson, LouAnne. 2008. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik (Judul Asli : Teaching Outside the Box : How to Grab Your Students by Their BrainsAuthor. PT Indeks. Penerjemah : Dani Dharyani

Joko, D. Muktiono. 2003. Aku Cinta Buku. Jakarta : PT Elex Media Komputind

Kingley, Jessica. 2006. Applied Behavior Analysis. Jakarta: Gramedia.

Maulana, Mirza. 2007. Anak Autis (Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Cerdas dan Sehat). Yogyakarta: Katahati.

Mukhtar dan Iskandar. 2010.Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Muslimah, Sitta.R. 2008. Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Pusat Informasi FKIP UIN

Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nuryanti, Lusi. 2008. Psikologi Anak. Jakarta: Indeks

Pamoedji, Gayatri. 2007. Seputar Autisme Jakarta: Gramedia

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Prasetyono. D. S. 2008. Serba-serbi Anak Autis (Autisme dan Gangguan Psikologis Lainnya).Yogyakarta. Diva Press.

_______ Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak sejak Dini. Yogyakarta. Diva Press

Patel, Jain, M. Praveen. 2008. English Language Teaching: Methods, Tools, and Techniques. Jaipur: Sunrise Publishers and Distributors.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di SD. Jakarta. Bumi Aksara

Sadiman, Arief, dkk. 2007. Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan). Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Subana, M. 2009. Strategi Belajar Membaca Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka setia

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2009. Ruang lingkup Teknologi Pengajaran. Bandung. Alfabeta

_________, Ibrahim. 2004.Penelitian dan penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Algensindo

Sumadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sitta, R Muslimah. 2009. Terapi ABA Anak Autistik. Jakarta : Gramedia

Sugiono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sutadi, Rudy. 2010. Autisme dan ABA. Jakarta: Medical Center

Sutikno, Sobry. 2009. Belajar dan pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasilâ€. Bandung: Prospect.

Smaldino, Sharoon. E, dkk. 2008. Intructional Tecnology And Media For Learning. Pearson Prentice Hall

Sihkabuden, Punaji. 2005. Media Pembelajaran. Malang : Elang Press

Tampubolon, D. P. 2008. Kemampuan Membaca Teknik, Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Dalam Membaca. Jakarta. Angkasa

Undang-Undang Nomor 20. Tahun 2003.Tentang Standar Pendidikan Nasional

__________, Nomor 23. Tahun 2002.Tentang Perlindungan Anak

Veskarisyanti, Galih. 2008. 12 Terapi Autis Paling Efektif dan Hemat Untuk Autisme, Hiperaktif, Retardasi Mental. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinnya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibawa Basuki dan Mukti Farida. 2001. Media Pengajaran .Bandung: CV Maulana

Widyawati. 2002. Terapi gen. Jakarta: Pusat Informasi FKUI

Wiriaatmaja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wijaya, Darta. R. 2005. Terapi ABA. Makalah Seminar Nasional. Jakarta: Ikapi

Yatim, Faisal Lubis. 2002. Autisme Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-anak. Jakarta: Pustaka Populer

Yuwono, Joko. 2009. Memahami anak Autistik. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Suratmi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Autis Melalui Penerapan Terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card Glenn Doman Di Skh Negeri 01 Cilegon Tahun Pelajaran 2021/2022. Wiyatamandala, 2(2), 223–235. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/23642