Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Autis Melalui Penerapan Terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card Glenn Doman Di Skh Negeri 01 Cilegon Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) dalam proses pembelajaran dan perkembangan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran flash card Glenn Doman dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak autis kelas III SDLB di Sekolah Khusus (SKh) Negeri 01 Cilegon. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDLB Sekolah Khusus (SKh) Negeri 01 Cilegon berjumlah 3 orang. Data penelitian diperoleh dengan mengunakan instrumen tes, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil perhitungan kuantitatif terdapat perbedaan nilai rerata 49 dengan peningkatan sebesar 21 (0,61%) dari nilai pretes. Pada hasil tes siklus ke II meningkat menjadi 90 dari hasil tes siklus I sebesar 72, artinya terdapat peningkatan sebesar 40(1,12%). Artinya terdapat peningkatan sebesar 0,51%. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui terapi ABA dengan menggunakan media pembelajaran flash card Glenn Doman dapat meningkatkan kemampuan membaca anak auitis kelas III SDLB di SKh Negeri 01 Kota Cilegon.
Kata kunci: kemampuan membaca; terapi ABA (Applied Behaviour Analysis); media pembelajaran flash card Glenn Doman.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003, Pendidikan Bagi Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Aris, Sudiyanto. 2001. “Gangguan Perkembangan Anak Autisâ€. Seminar Sehari
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Prees
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta. Rineka Cipta
_______,Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian tindakan kelas. Jakarta PT.Bumi Aksara
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Barlow, David H dan V Mark Durand. 2007. Intisari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Danuatmaja, Bonny. 2003. Terapi Anak Autis Di Rumah. Jakarta: Puspa Suara
Derek, Wood, dkk. 2005. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. Yogyakarta : Kata Hati
Depdiknas. 2006 . Kurikilum Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Departemen Pendidikan Nasional
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka
Doman, Glenn. 2006. Bagaimana mengajar bayi anda membaca sambil bermain. Jakarta: The Gentle Revolution Press
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada
Gunawan. Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada.
Gayatri, Pamoedji. 2007. Seputar Autisme Jakarta: Gramedia
Gina, Green. 2008. Autism and ABA. Jakarta: Gramedia
George Boeree. (2006). Personality theories, melacak kepribadian anda bersama psikolog dunia. Diterjemahkan oleh Inyiak Ridwan Mudzir. Jakarta; Prismasophie
Handojo. 2008. Autisme Pada Anak. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.
__________2006. Autisme (Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain). Jakarta: PT.Buana Ilmu Populer.
Hadis, A. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Jakarta. Alfabeta.
Hujair, A.H Sanaky. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kaukaba
House. 2005. An Intoduction To Teaching English To Children. London. Ricmond Publishing
Idrus, Fahmi. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Greisinda Press
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press
Johnson, LouAnne. 2008. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik (Judul Asli : Teaching Outside the Box : How to Grab Your Students by Their BrainsAuthor. PT Indeks. Penerjemah : Dani Dharyani
Joko, D. Muktiono. 2003. Aku Cinta Buku. Jakarta : PT Elex Media Komputind
Kingley, Jessica. 2006. Applied Behavior Analysis. Jakarta: Gramedia.
Maulana, Mirza. 2007. Anak Autis (Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Cerdas dan Sehat). Yogyakarta: Katahati.
Mukhtar dan Iskandar. 2010.Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Muslimah, Sitta.R. 2008. Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Pusat Informasi FKIP UIN
Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nuryanti, Lusi. 2008. Psikologi Anak. Jakarta: Indeks
Pamoedji, Gayatri. 2007. Seputar Autisme Jakarta: Gramedia
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Prasetyono. D. S. 2008. Serba-serbi Anak Autis (Autisme dan Gangguan Psikologis Lainnya).Yogyakarta. Diva Press.
_______ Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak sejak Dini. Yogyakarta. Diva Press
Patel, Jain, M. Praveen. 2008. English Language Teaching: Methods, Tools, and Techniques. Jaipur: Sunrise Publishers and Distributors.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di SD. Jakarta. Bumi Aksara
Sadiman, Arief, dkk. 2007. Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan). Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Subana, M. 2009. Strategi Belajar Membaca Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka setia
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2009. Ruang lingkup Teknologi Pengajaran. Bandung. Alfabeta
_________, Ibrahim. 2004.Penelitian dan penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Algensindo
Sumadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sitta, R Muslimah. 2009. Terapi ABA Anak Autistik. Jakarta : Gramedia
Sugiono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sutadi, Rudy. 2010. Autisme dan ABA. Jakarta: Medical Center
Sutikno, Sobry. 2009. Belajar dan pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasilâ€. Bandung: Prospect.
Smaldino, Sharoon. E, dkk. 2008. Intructional Tecnology And Media For Learning. Pearson Prentice Hall
Sihkabuden, Punaji. 2005. Media Pembelajaran. Malang : Elang Press
Tampubolon, D. P. 2008. Kemampuan Membaca Teknik, Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa
Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Dalam Membaca. Jakarta. Angkasa
Undang-Undang Nomor 20. Tahun 2003.Tentang Standar Pendidikan Nasional
__________, Nomor 23. Tahun 2002.Tentang Perlindungan Anak
Veskarisyanti, Galih. 2008. 12 Terapi Autis Paling Efektif dan Hemat Untuk Autisme, Hiperaktif, Retardasi Mental. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinnya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wibawa Basuki dan Mukti Farida. 2001. Media Pengajaran .Bandung: CV Maulana
Widyawati. 2002. Terapi gen. Jakarta: Pusat Informasi FKUI
Wiriaatmaja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wijaya, Darta. R. 2005. Terapi ABA. Makalah Seminar Nasional. Jakarta: Ikapi
Yatim, Faisal Lubis. 2002. Autisme Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-anak. Jakarta: Pustaka Populer
Yuwono, Joko. 2009. Memahami anak Autistik. Bandung: Alfabeta