Pengaruh Komunikasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Parakan - Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v2i3.3018Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh komunikasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada SDN Parakan Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat asosiatif kuantitatif, metode pengumpulan data dengan menyebar kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Uji regresi linier berganda, uji kolerasi, uji determinasi dan uji hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS Versi 24. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 pegawai, dengan jumlah sampel dengan teknik penarikan sample teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui variabelKomunikasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nila korelasi sebesar 0,703 artinya memiliki pengaruh yang kuat. Koefisien determinasi sebesar 49,4%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,927 > 2,028), hal ini diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Komunikasi terhadap Kinerja Guru pada SDN Parakan Tangerang Selatan.Disiplin kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) dengan nilai korelasi sebesar 0,670 artinya memiliki pengaruh yang kuat. Koefisien determinasi sebesar 44,9%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,412 > 2,028), hal ini diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) pada SDN Parakan Tangerang Selatan. Komunikasi (X1) dan Disiplin kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan regresi Y = 9,725 + 0,480X1 + 0,351X2. Nilai korelasi diperoleh sebesar 0,758 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 57.4% sedangkan sisanya sebesar 42.6% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (23,621 > 2,870), hal tersebut juga diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru pada SDN Parakan Tangerang Selatan..
Kata kunci : Komunikasi, Disiplin Kerja, Kinerja Guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).