PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA

Authors

  • N Lilis - Suryani

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v1i1.651

Abstract

ABSTRAK

 

Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  seberapa besar pengaruh motivasi (X1) terhadap kinerja (Y) di Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi (X2) terhadap kinerja (Y)  di Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi (X1) dan kompetensi  (X2) terhadap kinerja (Y)  di Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia secara simultan

Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik survey. Pendekatan analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis statistik yang dipakai dalam penelitian adalah statistik nonparametrik. Sampel penelitian berjumlah 100 responden.

Faktor motivasi dan kompetensi bersama-sama mepunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawanSekretariat Jendral Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, dari tabel dapat dilihat bahwa R Square  diperoleh sebesar 0,750 atau 75 %, hal ini dapat dijelaskan bahwa varibel motivasi dan kompetensi  secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawanSekretariat Jendral Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dan sisanya 25 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti seperti Intensif pegawai dan lain sebagainya. Dan sesuai dengan rumusan masalah maka  besarnya pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja secara simultan yiatu sebesar 75 %. model regresi berganda yang diperoleh : Y= 0,587 + 0,477 X1 + 0,546 X2dari data-data tersebut didapat bahwa faktor kompetensi yang mempunyai kontribusi yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja karyawanSekretariat Jendral Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, jika faktor motivasi konstan, maka kenaikan sebesar satu-satuan pada kompetensi menghasilkan kenaikan kinerja sebesar 0,546 satuan.

 

Kata kunci : Motivasi, Kompetensi, Kinerja

 

References

Kusjono, G. (2013). Hubungan Kompetensi Dan Motivasi Kerja Dengan Kepuasan Kerja Pendidik Studi Kasus Di Pusat Pendidikan Cikal Harapan Bumi Serpong Damai–Kota Tangerang Selatan. Kreatif, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas pamulang, 1(1), 129-154.

Downloads

Published

2017-10-26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.