PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH TEKSTIL SEBAGAI PRODUK DENGAN NILAI GUNA BARU BAGI KOMUNITAS CRAFTALOVA FABRIC CLUB

Yosepin Sri Ningsih, Stella Evelina, Jessieca Jessieca

Abstract


Keberadaan limbah tekstil menjadi bagian dari permasalahan yang perlu ditangani dalam menciptakan siklus yang berkelanjutan. Terdapat berbagai metode dalam mengatasi permasalahan limbah tersebut antara lain recycle dan upcyle yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan material dan produk yang sudah tidak terpakai. Kegiatan pengabdian dilakukan kepada Komunitas Craftalova Fabric Club yakni komunitas penggiat tekstil berbasis daring yang anggotanya tersebar dari Sumatera hingga Sulawesi. Pengabdian masyarakat dilakukan dalam pelatihan yang berlangsung di Bandung dalam acara Kopdarnas Craftalova Fabric Club 2. Dalam pelatihan tersebut para anggota diberikan pengetahuan dan keterampilan akan teknik boro dan sashiko yang dipakai untuk mengolah limbah tekstil dalam kegiatan kerajinan yang mereka lakukan. Melalui penerapan kedua teknik tersebut, anggota komunitas dapat mengolah limbah tekstil dari proses kerajinan menjadi material baru yang selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai pembentuk produk dengan nilai guna baru. Kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam mengurangi peningkatan produksi sampah terutama dalam bidang fashion dan tekstil.

Kata kunci: boro, sashiko, recycle, upcycle


Full Text:

PDF

References


Black, S. 2011. Eco Chic- The Fashion Paradox. London: Black Dog Publishing.

Carol, H. 2019. “Sashiko Needlework Reborn: From Functional Technology to Decorative Art”. Journal of Japanese Studies. Vol 39 (2), pages 263-280.

de Brito, M. S et all. 2008. “Towards a sustainable fashion retail supply chain in Europe: Organisation and performance”. International Journal of Production Economics. Vol 114(2), pages 534-553.

Miles, J. 2011. “Surface Design of Textiles” in A. Briggs-Goode. Textile Design: Principles, Advances and Application. Woodhead Publishing. (Page 89-104)

Ningsih, Y.S. 2014. “Design of Fashion Product with Dayak Basap Visual Locality for East Kalimantan Society”. Bandung Creative Movement Journal. Vol 1(1).

Puspitasari, C. 2013. “Perancangan Produk Berkonsep Eco-Fashion Menggunakan Limbah (Sisa) Kain Brokat dengan Teknik Crochet”. Jurnal Seni Rupa dan Desain, STISI Telkom, Vol 4(1), Hal 49-61.

Rizalia, U. 2019. “Pengolahan Limbah Tekstil Menggunakan Teknik Mixed Media pada Busana Secondhand”. Proceeding of Art & Design, Telkom University, Vol 6(2) Page 2152-2158.

Stepantoro, C. 2019. Kopdarnas 2 Grup CFC: Keceriaan yang Bertalu-talu. Buletin Craftalova Fabric Club Edisi 16 (3). Hlm.9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.