Pendampingan Penulisan Artikel Penelitian bagi Guru Bahasa Inggris pada IGI Flotim
DOI:
https://doi.org/10.32493/acb.v2i2.19297Keywords:
guru-guru Bahasa Inggris, IGI Flores Timur, pendampingan, penulisan karya ilmiahAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi Guru-Guru Bahasa Inggris pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur dalam menulis artikel penelitian. Ketidaktahuan para guru Bahasa Inggris dalam menulis artikel ilmiah menjadi permasalahan yang harus diselesaikam dengan melaksanakan kegiatan ini. Kegitan ini diselenggarakan melalui seminar secara online yakni menggunakan Zoom yang disiarkan secara langsung di Youtube Channel IGI Flores Timur. Kegiatan ini dapat diakses di laman www.youtube.com/watch?v=hgOiEyk6i4A&t=7000s. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Timor dan Flores Timur. Jumlah para peserta yang hadir pada pendampingan ini adalah 30 orang guru yang bergabung pada pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur. Metode kegiatan ini adalah (1) Training/Pelatihan menulis artikel penelitian bagi Guru Bahasa Inggris pada pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur; (2) Pendampingan menulis artikel penelitian bagi Guru-guru Bahasa Inggris pada Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur.
References
Ary, D. (2010). Introduction to research in educational objectives (eight edition). Wadsworth Group.
Liubana, M. M. J., Siahaan, D. G., & Neno, H. (2021). Folktales genre in border area of Indonesia-Timor Leste: a study of oral literature. The International Journal of Language and Cultural (TIJOLAC), 3(2), 86–96.
Mada, G. S. et al. (2021). Pencegahan penularan covid-19 melalui penguatan perilaku siswa dan guru SDK Seoam 1 Eban Kecamatan Miomaffo Barat. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Neno, Y. B., & Siahaan, D. G. (2021). Improving students’ speaking ability through english club as an extracurricular at SMA Negeri 1 kefamenanu. UNNES-TEFLIN National Seminar, 4(1), 382-391. Retrieved from http://utns.proceedings.id/index.php/utns/article/view/131
Pangaribuan, M., & Siahaan, D. (2022). The ability of the studentsi in speaking ability by using debate at grade twelveth in SMA Kampus Nommensen Pematangsiantar. Jurnal Edulanguage, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.32938/edulanguage.8.1.2022.1-10
Siahaan, D. (2020). Analisis pendekatan struktural dan nilai-nilai budaya pada novel carlos karya Erin Cipta. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 98-110. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.575
Siahaan, D. G., Siahaan, D (2021). The speaking ability of the english club’s second year students of the state SMA 1 Kefamenanu. ICE-TPD. http://research-report.umm.ac.id/index.php/icetpd/article/view/4853.
Siahaan, D., & Pangaribuan, M. (2022). The effect of using skimming and scanning on the students’ ability in reading comprehension at grade x in SMA Kampus Nommensen Pematangsiantar. Jurnal Edulanguage, 8(1), 28-36. https://doi.org/10.32938/edulanguage.8.1.2022.11-19
Siahaan, D., & Yulita, D. (2021). Improving the students’ ability in reading narrative text through series of picture at grade ten of SMA Kampus Pematangsiantar. Jurnal Edulanguage, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.32938/edulanguage.v1i1.2439
Siahaan, D. G. (2016) The ideational grammatical metaphor in Barack Obama’s speech. Masters thesis, UNIMED.