Strategi Pemasaran Usaha Kue Chusnul Bakery Di Jalan Kedung Asem Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10385Keywords:
Marketing Strategy, SWOT Analysis, EFAS Matrix, IFAS MatrixAbstract
Penelitian ini dilakukan pada Chusnul Bakery di Jalan Kedung Asem Surabaya yang merupakan usaha di bidang makanan yaitu bakery dan memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pemasaran yang diterapkan oleh Chusnul Bakery. Sampel pada penelitian ini adalah pemilik usaha, karyawan dan konsumen Chusnul Bakery. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan data observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis menggunakan analisis SWOT. Dari penelitian ini didapatkan hasil IFAS yang menunjukkan kekuatan sebesar dan kelemahan sebesar. Sedangkan pada hasil EFAS menunjukkan peluang sebesar dan ancaman sebesar. Hasil pilihan strategis adalah strategi SO yang pada diagram SWOT terletak pada kuadran I yang berarti bahwa Chusnul Bakery memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dan hal tersebut berada di jalur yang tepat dengan terus melakukan usaha strategi pengembangan yang dapat meningkatkan volume penjualan. Strategi yang harus digunakan pada kondisi tersebut yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).
Kata kunci : Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Matriks EFAS; Matriks IFAS
References
Assasuri, Sofjan. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
David, Fred R. (2011). Manajemen Strategis : Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Amstrong, 2015, Strategi Pemasaran, Jakarta, Penerbit Erlangga.
Rangkuti,Freddy, 2015, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan ke-20. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT : Teknik pembedah kasus bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Rivai, Abdul & Prawironegoro, Darsono. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media
Sedamayanti. (2014) Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.