Analisis Identifikasi Proses Job Safety Analysis Pekerja Pada Ketinggian Dengan Metode Rope Access Pada PT. ISS Indonesia-Tangerang Selatan

Authors

  • Fathan Arif Universitas pamulang
  • Ahmad Fauzi Universitas pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.33417

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Identifikasi Bahaya Menggunakan Job Safety Analysis Pada Pekerja Ketinggian Dengan Rope Access Di PT. ISS Indonesia Tahun 2022 Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif fenomologi yang dimana penelitian ini berorientasi pada hasil filsafat. Filsafat yang dimaksud adalah upaya peneliti menggali informasi dengan mencari arti, makna secara esensinya. Penelitian kualitatif fenemologi dapat menggali data dan informasi menggunakan metode observasi atau juga menggunakan metode wawancara secara mendalam. Dengan menggunakan JSA untuk menggambarkan proses analisis potensi bahaya kerja pada proses suatu pekerjaan cleaning di ketinggian pada PT. ISS Indonesia memiliki 15 tahapan kerja dan tingkat risiko yang ditimbulkan yaitu sangat tinggi (High) yaitu pada tahapan anchoring, posisi kerja dan proses kerja bernilai 12 – 16 yang dimana pada nilai tersebut dikategorikan pada tingkat risiko yang tinggi (High) dimana dari tahapan tahapan aktivitas kerja yang dilakukan oleh pekerja dapat menimbulkan kecelekaan kerja yang berujung pada meningkatnya nilai angka kematian yang disebabkan oleh kecelakan akibat kerja.Dalam pengendalian PT. ISS Indonesia melakukan monitoring secara berkala dalam proses kerja, pembuatan Job Safety Analysis dan melakukan identifikasi potensi bahaya pada setiap tahapan pekerjaan. kemudian dilakukan revisi/perbaikan apabila ada potensi bahaya yang terlewatkan, selain itu juga membuat form HIRADC, HO Permit, dan Plan Rescue.

 

Kata Kunci : Identifikasi Bahaya, Job Safety Analysis, Bekerja di Ketinggian, Rope Access.

Author Biography

Ahmad Fauzi, Universitas pamulang

Nama : Ahmad fauzi. Tempat & tgl lahir : Depok ,4 agustus 2000. Jenis kelamin : Laki-Laki Alamat : Depok Kewarganegaraan : Indonesia

References

Agus Setiyoso, T. I. (2019). Analisis potensi kecelakaan akibat kerja menggunakan Job Safety Analysis dengan pendekatan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC). Jurnal Rekavasi.

Ade Saftian Al Bantani, L. H. (t.thn.). Identifikasi Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JOB SAFETY ANALYSIS) .

Ekasari, Lilian Enggal., 2017., “Analisis faktor yang memengaruhi kecelakaan kerja pada pengoprasian Container Crane di PT X Surabaya Tahun 2013- 2015â€. 2017 IJOSH., Sidoarjo.

Fathoni Firmansyah, M. R. (t.thn.). Identifikasi Bahaya Confined Space pada Proses Perawatan Tangki Kondensat T-0701 B pada Perusahaan Minyak dan Gas dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) dan Job Safety Analysis (JOB SAFETY ANALYSIS).

Gabby E. M. Soputan, B. F. (2014). Manajemen Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Study kasus pada pembangunan gedung SMA Eben Haezar). Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.4 No.4,.

Helmi Tri Wahyuadi, Bina Kurniawan, Ekawati., 2015., “Analisis Implementasi izin kerja di ketinggian terhadap kecelakaan kerja Di PT Xâ€., Jurnal Kesehatan Masyarakat. (e-Journal) Volume 3, Nomor 3, April 2015., Universitas Diponegoro.

Ir. B. Boedi Rijanto., M. (2011). Pedoman Pencegahan Kecelakaan Di Industri. Jakarta: Mitra Wacana Media. Jeihan Iftahlana Putri, M. M. (t.thn.). Identifikasi Bahaya dan Risiko pada area produksi CV Mebel Internasional, Semarang dengan metode Job Safety Analysis.

Jeferson Bawang, P. A. (2018). Analisis Potensi Bahaya dengan menggunakan Job Safety Analysis Di Bagian Pengapalan Site Pakal PT Aneka Tambang Tbk. UBPN Maluku Utara. Jurnal KESMAS, Vol. 7 No. 5.

Konstruksi, P. S. (2016). Modul IV Manajemen Risiko. BANDUNG: Pusdiklat SDA dan Konstruksi.

Nailirifa Nuzuliyah, A. D. (2014). Analisis Bahaya Pekerjaan Bagian Paper Machine Berdasarkan Metode Job Safety Analysis (JOB SAFETY ANALYSIS) Dalam Upaya Pengendalian Bahaya. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Nunuk Safitri , Evi Widowati., 2017., “Penerapan Risk Management pada pekerjaan di ketinggian berdasar SNI ISO 31000: 2011â€., 2017., HIGEIA 1 (2) (2017).

Nova Rosdiana, S. K. (2017). Identifikasi Risiko Kecelakaan Kerja Pada Area Produksi Proyek Jembatan Dengan Metode Job Safety Analysis (JOB SAFETY ANALYSIS). Jurnal Teknik Industri. Pandu Martino, D. I. (t.thn.). Analisis Identifikasi Bahaya Kecelakaan Kerja Menggunakan Job Safety Analysis (JOB SAFETY ANALYSIS) Dengan Pendekatan Hazard Identification, Risk Assessment And Risk Control (HIRARC).

RAMLI, S. (2010). Pedoman Praktis Manajemen Risiko Dalam Perfektif Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHS Risk Management. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Supriyadi, A. N. (2015). Identifikasi bahaya dan penilaian Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada tindakan Perawatan dan Perbaikan menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assesment Risk Control (HIRARC) Pada PT. X. Seminar Nasional Riset Terapan.

Siti Riptifah Tri Handari, M. S. (2021). Faktor-Faktor Kejadian Kecelakaan Kerja pada Pekerja Ketinggian di PT. X Tahun 2019. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Vol. 17, No. 1.

TARWAKA, P. M. (2017). Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen Dan Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Arif, F., & Fauzi, A. (2024). Analisis Identifikasi Proses Job Safety Analysis Pekerja Pada Ketinggian Dengan Metode Rope Access Pada PT. ISS Indonesia-Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 18–23. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.33417

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.