HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DENGAN PENINGKATAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT SEPATU BATA Tbk.)

Authors

  • Diana Azwina Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v1i1.1678

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan penjelasan tentang 1. ada atau tidaknya hubungan antara kompensasi finansial dengan semangat kerja karyawan dan arah hubungannya, 2. ada atau tidaknya hubungan antara kompensasi non finansial dengan semangat kerja karyawan dan arah hubungannya, 3. ada atau tidaknya hubungan antara kompensasi finansial dan kompensasi non finansial (secara keseluruhan) dengan semangat kerja karyawan dan arah hubungannya.

Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian diarahkan untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih sekaligus untuk menaksir hubungan antar variabel dalam suatu populasi. Sampel di tarik dengan menggunakan teknik non probabilita dan random berlapis. Sampel dalam penelitian ini adalah 75 karyawan pabrik PT Sepatu Bata Tbk. Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengujian korelasi antar variabel.

Secara umum hasil penelitian memperlihatkan terdapatnya 1. hubungan yang sangat signifikan dan positif antara kompensasi finansial dengan semangat kerja karyawan, 2. hubungan yang sangat signifikan dan positif antara kompensasi non finansial dengan semangat kerja karyawan, 3. hubungan yang sangat signifikan dan positif antara Kompensasi finansial dan kompensasi non finansial (secara keseluruhan) dengan semangat kerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik/tinggi kompensasi finansial, kompensasi non finansial, dan Kompensasi finansial dan kompensasi non finansial (secara keseluruhan), semakin baik/tinggi pula semangat kerja karyawan. Semakin rendah kompensasi finansial, kompensasi non finansial, dan Kompensasi finansial dan kompensasi non finansial (secara keseluruhan), semakin rendah pula semangat kerja karyawan.

Kata Kunci: Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, Semangat Kerja Karyawan

Downloads

Published

2018-08-08

How to Cite

Azwina, D. (2018). HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DENGAN PENINGKATAN SEMANGAT KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT SEPATU BATA Tbk.). Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.32493/drb.v1i1.1678

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.