Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Olahan Sari Nanas pada PT. Putra Jaya Nanas
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20208Keywords:
Pemasaran, Digital Marketing, Word Of Mouth, Inovasi Produk, PT. Putra Jaya NanasAbstract
Strategi marketing hendaknya disesuaikan dengan perkembangan zaman agar memperoleh hasil yang optimal. Begitupula strategi marketing yang dilakukan oleh PT. Putra Jaya Nanas. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui strategi marketing apa yang dilakukan oleh PT. Putra Jaya Nanas untuk meningkatkan penjualan. Variabel independent pada penelitian ini berjumlah dua yaitu digital marketing dan word of mouth, untuk variabel dependent yaitu peningkatan penjualan, dan yang terakhir variabel moderating yaitu inovasi produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer untuk penelitian diperoleh dengan cara wawancara dan observasi terhadap objek penelitian. Wawancara dilakukan kepada lima narasumber yang terdiri dari pemilik usaha, dua pegawai, dan dua konsumen. Data sekunder diperoleh dari buku - buku dan literatur. Kemudian data diolah menggunakan deskriptif analisis guna menyederhanakan dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwasanya strategi yang digunakan pada PT. Putra Jaya Nanas berhasil meningkatkan penjualan produk. Digital marketing terbukti efektif dalam memperkenalkan produk dengan jangkauan konsumen lebih luas. Word of mouth berhasil menarik minat konsumen melalui testimoni positif yang mempengaruhi konsumen lain dalam pengambilan keputusan pembelian. Inovasi produk yang diterapkan pada PT. Putra Jaya Nanas adalah me too product. Me too product merupakan suatu inovasi produk yang baru bagi perusahaan namun tidak baru bagi pasar. Me too product yang diterapkan PT. Putra Jaya Nanas adalah menambah variasi ukuran cup. Strategi ini berhasil meningkatkan penjualan produk.
References
Astuti, D., & Ernawati, S. (2020). Strategi Promosi Dan Word of Mouth Dalam Upaya Peningkatan Keputusan Pembelian Produk Tenun. Distribusi - Journal of Management and Business, 8(2), 225–238. https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i2.126
Finanda, knesya R., & Wiwaha, A. (2017). Pengaruh Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Miloff Beauty Bar. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, 1, 134–140.
Mawardi, A. I., Aprilisanda, I. D., Pembangunan, U., Veteran, N., & Timur, J. (2021). Inovasi Pemasaran Produk Umkm. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 418–432.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Sari, G. G., & Gusti, G. E. (2017). Penerapan Strategi Word To Mouth Dalam Sistem Jual Beli Di Kelompok Pengajian Salafi Kota Pekanbaru. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.30656/lontar.v5i1.483
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992
Toruan, R. R. M. L. (2018). Proses Implementasi Word of Mouth Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 155–166.
Yanuar, N. D. (2020). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PENJUALAN PADA HOME INDUSTRI OLAHAN IKAN DI KABUPATEN TRENGGALEK. 14(2), 51–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.51
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.