Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Two Way Cake Pixy

Authors

  • Novi Femiyati Saputri Universitas Putera Batam
  • Suhardi Suhardi Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i4.30133

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Word Of Mouth

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan tujuan untuk menganalisis bagaimana kualitas produk, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk two way cake Pixy. Populasi yang digunakan merupakan pengguna yang pernah membeli produk two way cake Pixy yang tidak dapat diketahui jumlah pastinya. Teknik pengambilan sampel menggunak rumus lameshow dengan jumlah perhitungan sebesar 100 peserta dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis penelitian dengan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dipandukan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan studi Pustaka. Analisis data dapat terdiri dari uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Temuan regresi linier berganda menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh sebesar 20,1%, citra merek berpengaruh sebesar 39,8% dan word of mouth berpengaruh sebesar 27,1%. Untuk temuan analisis koefisien determinasi (R2) menghasilkan bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, citra merek dan word of mouth sebesar 73,4%. Selain itu, temuan uji hipotesis menghasilkan pada kualitas produk, citra merek, dan word of mouth dengan suatu cara parsial serta dengan cara simultan dapat memberikan suatu pengaruh positif dengan signifikan terhadap keputusan pembelian produk two way cake Pixy.

References

Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 1–23. https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3206

Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 2745–2892.

Banamtuan, I. O., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Barang dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Preloved dalam Media Sosial Facebook di Batam. Eco-Buss, 5(3), 1014–1025.

Fadilah, I. N., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2020). Pengaruh Reference Group Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali). The Encyclopedia of Crossâ€Cultural Psychology, 2(4). https://doi.org/10.1002/9781118339893.wbeccp449

Hasan, F., Leksono, A. B., & Hendratmoko, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO di Dancell Pare. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 1(4), 163–175.

Idham, E. R., & Suhardi. (2020). Pengaruh Promotion, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembeli Handphone Samsung. Ekuivalensi, 6(2), 297–311.

Jayanti, S. E., & Muhlizar, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Isi Ulang N2N. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(2), 103. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.103-108

Kusmanto, & Muryanti, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1).

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Nabila, S. I., & Fajar, P. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 11(10).

Nofrianto, R., Rinaldo, J., & Firdaus, T. R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembeliansmartphone Merek Oppo. 4(1), 185–200.

Nuriyah, S., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Bening Bungah. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(1), 61. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i1.13673

Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 92–102.

Siregar, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hp Merek Vivo Pada Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Stindo Profesional, VIII(8.5.2017), 2003–2005.

Siregar, P., & Suhardi. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Private Label Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Gajah Mada Di Kota Batam. Ekuivalensi, 6(1), 16–30.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Wijaya, F., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Terhadap PT Continental Industry Supply. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 850–858.

Downloads

Published

2023-07-16

How to Cite

Saputri, N. F., & Suhardi, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Two Way Cake Pixy. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 376–386. https://doi.org/10.32493/drb.v6i4.30133

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.