Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Two Way Cake Pixy
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i4.30133Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Word Of MouthAbstract
Penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan tujuan untuk menganalisis bagaimana kualitas produk, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk two way cake Pixy. Populasi yang digunakan merupakan pengguna yang pernah membeli produk two way cake Pixy yang tidak dapat diketahui jumlah pastinya. Teknik pengambilan sampel menggunak rumus lameshow dengan jumlah perhitungan sebesar 100 peserta dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis penelitian dengan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dipandukan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan studi Pustaka. Analisis data dapat terdiri dari uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Temuan regresi linier berganda menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh sebesar 20,1%, citra merek berpengaruh sebesar 39,8% dan word of mouth berpengaruh sebesar 27,1%. Untuk temuan analisis koefisien determinasi (R2) menghasilkan bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, citra merek dan word of mouth sebesar 73,4%. Selain itu, temuan uji hipotesis menghasilkan pada kualitas produk, citra merek, dan word of mouth dengan suatu cara parsial serta dengan cara simultan dapat memberikan suatu pengaruh positif dengan signifikan terhadap keputusan pembelian produk two way cake Pixy.
References
Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 1–23. https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3206
Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 2745–2892.
Banamtuan, I. O., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Barang dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Preloved dalam Media Sosial Facebook di Batam. Eco-Buss, 5(3), 1014–1025.
Fadilah, I. N., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2020). Pengaruh Reference Group Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali). The Encyclopedia of Crossâ€Cultural Psychology, 2(4). https://doi.org/10.1002/9781118339893.wbeccp449
Hasan, F., Leksono, A. B., & Hendratmoko, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO di Dancell Pare. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 1(4), 163–175.
Idham, E. R., & Suhardi. (2020). Pengaruh Promotion, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembeli Handphone Samsung. Ekuivalensi, 6(2), 297–311.
Jayanti, S. E., & Muhlizar, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Isi Ulang N2N. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(2), 103. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.103-108
Kusmanto, & Muryanti, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1).
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Nabila, S. I., & Fajar, P. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 11(10).
Nofrianto, R., Rinaldo, J., & Firdaus, T. R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembeliansmartphone Merek Oppo. 4(1), 185–200.
Nuriyah, S., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Bening Bungah. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(1), 61. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i1.13673
Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 92–102.
Siregar, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hp Merek Vivo Pada Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Stindo Profesional, VIII(8.5.2017), 2003–2005.
Siregar, P., & Suhardi. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Private Label Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Gajah Mada Di Kota Batam. Ekuivalensi, 6(1), 16–30.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Wijaya, F., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Terhadap PT Continental Industry Supply. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 850–858.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.