Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Kota Bima)

Authors

  • Indah Kurniati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Mukhlis Mukhlis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.22199

Keywords:

Human Resource Development

Abstract

Sumber daya manusia ialah salah satu aset terpenting bagi organisasi/perusahaan. Peran sumber daya manusia bagi organiasasi/perusahaan  tidak hanya dilihat dari hasil produktivitas kerja tetapi juga dilihat dari kualitas kerja yang dihasilkan, bahkan lebih jauh keunggulan suatu organisasi/perusahaan  juga ditentukan oleh  keunggulan daya saing manusianya bukan ditentukan lagi oleh sumber daya alamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi peneltian adalah seluruh pegawai pada Rumah Sakit Umum Kota Bima  yang berjumlah  sebanyak 315 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Kuesioner, dan Studi Pustaka. Uji analisa yang digunakan diantaranya Uji Validitas,  Uji Relibilitas, Uji t (t-test one sampel).  Hasil penelitian diperoleh pengembangan sumber daya manusia studi kasus pada Rumah Sakit Umum Kota Bima tidak baik 75% dengan taraf nilai thitung ≤ ttabel (-76,454 ≤ 1,993) maka dengan ini menyatakan Ha ditolak dan Ho diterima dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya tidak signifikan maka dapat diambil keputusan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak.

References

Ernianti. “Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Kantor Camat Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi.†: 158–72.

Kinas, Arni Anti. 2018. “Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Pada Perusahaan Swasta Di Kota Semarang).†Jurnal Ilmiah Pena 1(2): 7.

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43.

Nawawi, Hidari and M. Martini. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putra, Yohan Dwi, and Ade Sobandi. 2019. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 127.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SUMBER DAYA MANUSIA Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. PT.Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alvabet CV

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam,Tbk Kediri) Yosep Satrio Wicaksono. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 31–39.

Yani, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Mitra Wacana Media. Jakarta Zulkifli.

Yosepa, Hendita, Acep Samsudin, and Asep Muhamad Ramdan. 2020. “Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Tingkat Etos Kerja Karyawan Pada Hotel Santika Sukabumi.†Jurnal Ilmu Manajemen 8(3): 742.

Yusran, Ahmad, Sodik. 2018. “Analisis Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Bni Cabang Utama Kendari.†Jurnal Ilmu Manajemen 4(3): 1–11.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Kurniati, I., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Kota Bima). Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(5), 444–448. https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.22199

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.