Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bima

Authors

  • Rika Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Mukhlis Mukhlis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.22200

Keywords:

Pengawasan, Disiplin

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor utama yang sangat penting dalam suatu organisasi, karena merupakan sumber daya yang dinamis dan selalu dibutuhkan dalam setiap kegiatan organisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan dalam operasionalisasi variabel yaitu kuesioner menggunakan skala likert. Populasinya adalah pegawai PNS pada kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bima yaitu sebanyak 72 pegawai yang terdiri dari 45 PNS dan 27 honorer. Dalam penelitian ini sampel yang akan digunakan adalah  45 pegawai PNS dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Kota Bima ini antara lain Observasi, Kuisioner, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linear Sederhana, Koofisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji T. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengawasan berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Kota Bima.

References

Ambar T. Sulistiyani dn Rosidah. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan. Pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Pengambilan Keputusan: Teori dan Aplikasi. Alfabeta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Handoko 2017 Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta Bumi Aksara. Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. Jakarta : P Gramedia Pustaka.

Hasibuan, Malayu S.P.. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurbudiwati. (2018). Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut. Journal of Knowledge Management, 12(01), 031–038.

Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117–128. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.364

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Sipil, C., & Gorontalo, K. (2021). PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA GORONTALO. 2, 194–204.

Samura, I. S. (2017). Pengaruh Pengawasan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kantor Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Online

Simbolon, Maringan Marsy. 2016. Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Siswanto. 2017. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Siagian, Sondang P. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Bumi Aksara, Jakarta.

Zainal, Veithzal Rivai., dkk. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Wulandari, R., & Mukhlis, M. (2022). Pengaruh Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(5), 458–462. https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.22200

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.