Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Aisy Drink Kota Bima

Authors

  • Irwana Irwana Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Bima
  • Ita Purnama Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.22739

Keywords:

Variasi Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi produk dan promosi terhadap pembelian pada Aisy Drink Kota Bima. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah berbelanja dan akan berbelanja di Aisy Drink dan jumlah sampel yang akan diteliti adalah sebesar 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Dalam memperoleh data dan informasi yang akan mendukung penelitian ini, maka penulis mengumpulkan data dengan cara observasi, kuesioner, studi pustaka, dan  dokumentasi.  Hasil penelitian diperoleh bahwa Variasi produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Aisy Drink Kota Bima, Promosi berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian di Aisy Drink Kota Bima, serta Variasi produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian di Aisy Drink Kota Bima.

References

Aprilia S.C Kojongian dan Tinneke M. Tumbel, 2022. Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram. Jurnal Productivity, Vol. 3 No. 2.

Aprilia Dian Evasari, 2021. Analisis Variasi Produk, Kemasan Dan Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Nadasuka. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 10, Nomor 1

Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Desi Peburiyanti, 2020. Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Butik Kanabini di Tenggarong. JEMI/Vol.20.No.1

Groover P, Mikel. 2010. Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process,and systems 4th Edition. London: John Wiley Sons, Inc.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8).

Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2.penerbit salemba empat.jakarta.

Kotler, Phillip & Kevin, L.K. 2012. Marketing Management.United States of America: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2012. Principles Of Marketing. United States of America: Pearson Prentice Hall

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managementâ€, 15th Edition, Pearson Education Inc, New Jersey.

Nurahman dan Utama, 2016. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Nokia X di BEC Bandung. (Online), tersedia: http://ejournal.upi.e du.ac.id diunduh: 12 April 2022

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Sekaran, U. dan Bougie, R. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Sixth Edition. New York: Wiley

Sigit Suhardi. 2012. Pemasaran Praktis. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta. Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategis. Yogyakarta: Dendi. Offset:

Utami, Hesty Nurul dan Iqbal F.A.F.2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping:Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemika.Vol.2 No1

Wahyu Nurul Faroh, 2018. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan Di Portal Network Six Store Cabang Depok. Jurnal Pemasaran Kompetitif. ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598-2893

Zaffou, Madiha. 2010. The Effect of Variety Offering on Demand and Supermarket Competition.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Irwana, I., & Purnama, I. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Aisy Drink Kota Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(5), 449–457. https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.22739

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.